Pertama di dunia: mengisi ulang baterai mobil listrik tanpa kabel!

Pengisian ulang baterai nirkabel menjadi salah satu teknologi yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Setelah Apple merilis beberapa ponsel baru iPhone andalan mereka yang ‘akhirnya’, bisa diisi ulang baterainya secara nirkabel, maka kini giliran BMW yang ternyata sudah memiliki sebuah konsep pengisian ulang baterai mobil listrik tanpa kabel. Port charging konsep ini diperkenalkan oleh BMW untuk mengisi ulang baterai salah satu mobil hibrida mereka tipe 530e iPerformance.

BMW merilis bahwa baterai berkekuatan 9,4kWh pada 530e iPerformance, mampu diisi dari nol hingga penuh hanya dalam waktu 3,5 jam saja menggunakan port isi ulang nirkabel ini. Alat isi ulang nirkabel ini memiliki daya pengisian ulang maksimal sebesar 3,2kW dengan sumber tegangan listrik rumah 220 volt. Tak hanya itu, saat mobil mendekati port ini, sensor otomatis akan membantu mengarahkan posisi parkir mobil sehingga port tepat berada di bawah kumparan pengisian ulang mobil.

30C2108B-FFB3-4500-B234-23E32D999117

Produsen mobil mewah ini berencana untuk segera memasarkan wireless port charging setidaknya di awal tahun depan. Namun tidak akan semua mobil listrik maupun hibrida BMW yang akan kompatibel dengan alat ini. Untuk saat ini, hanya BMW tipe 530e iPerformance yang sudah siap dengan fitur praktis ini. Untuk mobil-mobil hibrida lain seperti 330e, 740e, dan X5, atau juga BMW generasi elektrik seperti i3 dan i8, masih belum kompatibel.

Sekalipun teknologi ini mungkin masih jauh dari waktu pemasarannya, tidak dapat ditampik bahwa BMW menjadi produsen mobil listrik pertama yang memperkenalkan konsep pengisian ulang baterai mobil nirkabel. Bahkan menyalip Tesla yang notabene menjadi produsen mobil listrik terpopuler di dunia saat ini.

Credit: The Verge

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply