Pilot Pesawat Terbang Sel Surya ini Menghipnotis Dirinya Sendiri agar Tetap Terjaga demi Mengelilingi Bumi

Pesawat terbang ramah lingkungan bertenaga matahari berjuluk Solar Impulse 2 hari minggu kemarin 31 Mei 2015 berangkat dari Cina menuju Hawai sebagai misi lanjutan untuk mengelilingi bumi. Misi yang bertujuan untuk mengkampanyekan energi terbarukan ini membutuhkan waktu 5 hari non stop untuk menempuh jarak 8.172 km dari Nanjing Lukou International Airport Cina ke Kalaeloa Airport Hawai. Perjalanan panjang ini menuntut pilot pesawat untuk selalu terjaga di sepanjang penerbangan. 

  
Bertrand Piccard selaku pilot pesawat memiliki cara unik agar tetap terjaga selama lima hari perjalanan tersebut. Ia berencana hanya tidur sejenak selama 20 menit sebanyak 12 kali dalam satu harinya. Sisa waktu lainnya ia menggunakan teknik self-hypnosis dan kontrol pikiran agar tetap selalu fokus. Teknik ini seakan Piccard berada dalam kondisi setengah sadar dan rileks, namun tetap dapat melakukan aktifitas penerbangan seperti mengecek instrumentasi, berkomunikasi dengan kontrol bandara, dan menerbangkan pesawat. Pada kondisi darurat seperti terjadinya turbulensi pesawat, lengan pakaian Piccard dilengkapi dengan peringatan getaran yang akan teraktuasi dan membangunkannya jika fenomena tersebut terjadi. Pilot rekanan Piccard yang juga seorang psikiater bernama Andre Borschberg memiliki cara berbeda untuk dapat selalu terjaga. Yoga menjadi pilihan Borschberg agar dapat menjaga peredaran darahnya selalu lancar dan membuat tubuhnya rileks. 

 photo IMG_3909.jpg

Perjalanan Solar Impulse 2 dimulai dari Abu Dhabi pada 9 Maret lalu. Sejauh ini ia sudah berhenti di Oman, India, serta Myanmar sebelum sampai ke Cina. Setelah penerbangan dari Cina ke Hawai, pesawat yang panjang bentangan sayapnya melebihi panjang sayap Boeing 747-81 ini akan menuju ke Phoenix dan berhenti di beberapa kota di Amerika Serikat sebelum sampai di New York. Dari New York pesawat tersebut akan melayang ke benua Eropa dan Afrika sebelum akhirnya mengakhiri misi di Abu Dhabi. 

 photo IMG_3908.jpg
 photo IMG_3907.jpg

Solar Impulse 2 sesaat setelah tinggal landas dari Nanjing Lukou International Airport Cina
 photo IMG_3906.jpg

Credit: Live Science, Solar Impulse Official Site, The National.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply