Rekor Baru Jangkauan Teleportasi Data Kuantum Telah Dipecahkan!

Para peneliti dari National Institute of Standards and Technology (NIST) telah berhasil menteleportasi atau mentransfer informasi kuantum berbentuk partikel cahaya, sejauh lebih dari 100 km melalui serat optik. Teleportasi ini memecahkan rekor yaitu empat kali lebih jauh dari rekor teleportasi sebelumnya. Sejauh ini teleportasi kuantum jarak jauh sering dilakukan dalam ruang bebas namun aplikasinya melalui saluran serat optik konvensional memungkinkan fleksibilitas lebih untuk desain jaringan di masa depan.

Ide metode teleportasi kuantum pertama kali dimunculkan 20 tahun lalu. Dilanjutkan dengan sejumlah eksperimen, salah satunya dilakukan NIST 11 tahun lalu dengan menggunakan atom. Sedangkan pada eksperimen terakhir NIST ini, transfer informasi kuantum berhasil dilakukan dengan menempuh jarak lebih dari 102 km melalui kumparan serat. Eksperimen ini dilakukan di salah satu lab NIST di Colorado. Menurut Hiroki Takeuse, seorang peneliti Jepang yang diundang oleh NIST, teleportasi kuantum jarak jauh ini dimungkinkan karena adanya detektor canggih foton-tunggal yang dirancang dan dibuat oleh NIST.
 photo kuantum1 273515.png

NIST menggunakan empat detektor foton-tunggal dalam setiap proses teleportasi. Keempat detektor tersebut digunakan untuk menyaring kondisi kuantum tertentu, dan kinerjanya tergantung pada kawat nano yang terbuat dari material molybdenum silicide. Material ini mampu menangkap 80% foton yang datang, menentukan apakah foton yang datang berada pada urutan celah waktu yang sama atau berbeda. Dengan metode ini, para peneliti sukses menteleportasi 83% dari kondisi transmisi yang mungkin dilakukan secara teoritis. Penelitian ini membuka harapan manusia untuk melakukan transfer data kuantum jarak jauh dengan jangkauan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.
 photo kuantum3 273517.jpg

Eksperimen NIST ini didasari atas kegelisahan para ilmuwan terkait dengan kebocoran data kuantum dalam proses teleportasi selama ini. Eksperimen ini dapat menjadi dasar pembuatan sebuah alat yang disebut dengan “quantum repeater”. Quantum repeater adalah alat yang mampu mengirimkan data kuantum secara berkala dengan tujuan membentuk sebuah jaringan kuantum global. Kita dapat membayangkan suatu saat akan ada semacam “Internet Kuantum”, dimana kita bisa saling mengirimkan data kuantum –bahkan benda– kapan saja dan dimana saja dengan sangat cepat, ala film fiksi Star Trek.

Credit: Science Daily, Wikipedia: Quantum Teleportation.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply