Robot Korea Selatan ini Memenangi US$ 2juta di DARPA Robotics Challenge Finals 2015

Tim dari Korea Selatan KAIST dengan robot humanoidnya DRC-HUBO, berhasil menjuarai kompetisi robot humanoid DARPA yang diselenggarakan 5-6 Juni lalu. HUBO berhasil menyelesaikan delapan tantangan yang ada dalam waktu 44 menit 28 detik. Dengan ini mereka berhak membawa pulang hadiah uang tunai senilai US$ 2juta atau setara Rp 26miliar. 

 
  

The Running Man, robot yang dibuat oleh tim dari Institute for Human and Machine Cognition Florida Amerika Serikat berhasil merebut juara kedua dengan menyelesaikan 8 tantangan dalam waktu 50 menit. Di posisi ketiga yakni tim Tartan Rescue dengan robotnya CHIMP yang berhasil menyelesaikan 8 tantangan dalam waktu 55 menit. Juara kedua dan ketiga tersebut berhak atas hadiah senilai US$ 1juta dan US$ 500.000. 

 photo IMG_3929.jpg

DARPA Robotics Challenge (DRC) terinspirasi oleh adanya bencana ledakan reaktor nuklir di Fukusima Jepang akibat gempa dahsyat di tahun 2011 lalu. Kebutuhan akan peran robot sebagai asisten manusia dalam menghadapi bencana semacam ini disadari perlu untuk dikembangkan. DRC menantang 25 robot humanoid untuk melewati 8 tantangan seperti mengendarai kendaraan berat, membuka pintu, memutar valve, menaiki tangga, membuat lubang di tembok menggunakan alat bor tangan, dan lain sebagainya. 

 photo IMG_3927.jpg

“Ini adalah akhir dari DARPA Robotics Challenge, namun menjadi awal bagi masa depan manusia untuk dapat bekerja bersandingan bersama robot sehingga mengurangi resiko bahaya bencana,” ungkap Direktur DARPA Arati Prabhakar. “Saya sangat bangga kepada semua tim yang berpartisipasi dan bergabung ke dalam komunitas DRC serta ikut membantu percepatan kemajuan teknologi robot untuk beberapa tahun ke depan.”

 photo IMG_3928.png
 photo IMG_3924.jpg
 photo IMG_3926.jpg

Credit: DARPA, Live Science.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply