Sambutlah Nadine dan EDGAR, dua robot humanoid yang akan mengguncang dunia!

Ucapkan selamat datang ke Nadine, seorang…ehm tepatnya sebuah robot resepsionis ciptaan Nanyang Technological University (NTU). Nadine adalah sebuah robot ramah yang sangat mirip manusia, bahkan menurut banyak situs sains luar negeri, Nadine adalah robot paling realistis yang pernah dibuat oleh manusia!

Nadine memiliki kulit lembut layaknya manusia dan rambut kecoklatan (brunette) yang mirip dengan rambut manusia. Soal rambut Nadine, belum jelas apakah rambut Nadine diambil dari manusia atau menggunakan bahan sintetis, yang jelas rambutnya mirip banget dengan rambut manusia asli. Nadine adalah robot humanoid dengan kepribadian yang mendekati manusia. Maksudnya adalah Nadine bisa bahagia dan sedih, tergantung dari pembicaraan yang sedang dilakukan. Nadine juga memiliki ingatan yang sangat baik, robot ini mampu mengingat kata-kata yang dikatakan oleh lawan bicaranya sampai tingkat tertentu.

NTU selama ini terkenal dengan kemampuannya menciptakan robot-robot humanoid yang dianggap mampu menyaingi robot-robot Jepang. Nadine adalah robot paling baru yang dibuat oleh NTU. Para ilmuwan NTU telah merancang dan mendesain “Proyek Nadine” selama bertahun-tahun. Mereka menggunakan sebuah software cerdas yang sangat mirip dengan Siri dan Cortana. Siri adalah software asisten pribadi milik Apple, sedangkan Cortana adalah software sejenis milik Microsoft.

Profesor Nadia Thalmann, pemimpin Proyek Nadine, mengatakan bahwa Nadine sejatinya dirancang sebagai pengembangan selanjutnya dari  berbagai software asisten pribadi seperti Siri dan Cortana. Bedanya, Siri dan Cortana hanya dapat diakses secara audio dan visual pada layar gadget. Masih menurut Prof Thalmann, selama 1 dekade terakhir ini, perkembangan teknologi robotika telah berjalan begitu pesat. Tidak seperti dekade-dekade sebelumnya, selama 1 dekade terakhir, pengembangan robotika diarahkan pada robot-robot humanoid.

Robot humanoid menjawab kebutuhan manusia di berbagai bidang, seperti asisten pribadi bagi para bayi dan lansia, tenaga medis seperti perawat, dan solusi tenaga kerja murah dan efektif di beberapa negara maju dengan tingkat populasi rendah. Contohnya tentu saja adalah Singapura, negara di mana NTU berada.

NRbanner-social-robots [2472]

EDGAR

Tadi Nadine, sekarang EDGAR, sebenarnya siapakah EDGAR itu? Apakah robot saudaranya Nadine? Tentu saja tidak karena Nadine adalah robot dan robot tidak memiliki saudara. EDGAR adalah robot lain yang dibuat oleh NTU. EDGAR adalah robot yang didesain untuk mengekspresikan segala mimik dan tingkah laku penggunanya dimanapun mereka berada. Istilah Inggris-nya, ini adalah sebuah tele-presence robot. Tele-presence robot dirancang sebagai perwakilan dari penggunanya, maksudnya adalah apa yang dilakukan oleh penggunanya di suatu tempat nun jauh disana, akan dilakukan pula oleh si robot! EDGAR dilengkapi oleh sebuah layar proyeksi sebagai wajahnya dan dua lengan yang sangat fleksibel. Nampaknya EDGAR sementara ini hanya bisa meniru gerakan penggunanya mulai dari bagian atas pinggang saja.

Mungkin kamu tidak mengerti betul, apa sebenarnya fungsi baru yang ditawarkan EDGAR dengan meniru ekspresi dan tingkah laku penggunanya. Sekarang coba bayangkan kamu di Malang dan pacarmu di Jakarta mengikuti kuliah motivasi Mario Teguh dalam waktu yang sama. Kamu mungkin beranggapan “ah itu kan bisa dilakukan dengan menonton saluran TV yang sama”. Jika itu anggapanmu maka kamu salah karena sementara menonton saluran TV yang sama adalah mengakses informasi yang sama secara virtual, EDGAR menawarkan “Mario Teguh” secara fisik di beberapa tempat berbeda dalam waktu yang sama! Sekarang sudah jelas bukan? Saat ini, EDGAR hanya berbentuk robot humanoid primitif namun dengan menggabungkan teknologi EDGAR dengan teknologi fisik Nadine, kita akan mendapatkan sosok apapun yang kita inginkan yang mampu menggambarkan segala perilaku dari sosok aslinya (manusia aslinya) secara real-time!

Credit: Science DailyABC News

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply