Sekelompok ilmuwan ini mengembangkan hologram 3D yang dapat disentuh!

Teknologi berkembang semakin pesat dan menghasilkan banyak hal yang tidak terbayangkan oleh manusia. Apakah Anda pernah membayangkan kelak kita bakal bisa menyentuh gambar yang tampil di video yang sedang kita lihat? Tidak perlu menunggu terlalu lama karena baru-baru ini sekelompok ilmuwan Jepang telah menciptakan hologram yang mampu disentuh. Dengan kata lain para ilmuwan Jepang ini mampu menciptakan obyek maya 3D yang mampu disentuh!

Para ilmuwan ini menggunakan teknologi laser femtosecond yang mengembangkan sistem yang disebut “Fairy Lights”. Sistem ini mampu menembakkan laser frekuensi tinggi yang berlangsung selama sepersejuta dari sepermiliar detik! Apa yang dimaksud dengan femtosecond? Femtosecond adalah ukuran waktu sepuluh pangkat minus 15 detik. Dewasa ini teknologi berbasis ukuran waktu femtosecond tengah dikembangkan berbagai peneliti di dunia untuk memahami proses dan mekanisme dinamika molekul dan atom.

 photo screen-shot-2015-06-26-at-4-24-17-pm 35130.jpeg

Eksperimen hologram ini dilakukan di Utsunomiya University Center for Optical Research and Education. Laser frekuensi tinggi yang digunakan juga disediakan oleh universitas ini. Menurut Dr Yoichi Ochiai dari Tsukuba University yang juga salah satu anggota tim peneliti, teknologi hologram yang tengah dikembangkan ini memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara proaktif dengan gambar-gambar yang tertampil di video atau perangkat multimedia lain. Tambahnya, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, kita dapat menyentuh setiap gambar yang tampil di berbagai perangkat multimedia dan membuat kita seakan-akan larut dalam film yang sedang kita tonton!

Pengembangan teknologi hologram sentuh ini terus berlangsung dan diupayakan untuk menggunakan laser yang lebih besar di dalam ruangan yang lebih besar. Teknologi ini akan terus dikembangkan dengan harapan kelak kita dapat menggunakan keyboard komputer virtual untuk mengetik. Kita mungkin juga dapat menyentuh gambar lawan bicara kita saat kita sedang melakukan video call. Bayangkan kita dapat menyentuh lawan bicara kita saat kita melakukan komunikasi via Skype! Eksperimen hologram sentuh ini merupakan eksperimen gabungan beberapa universitas di Jepang, seperti Utsunomiya University, Nagoya University, dan University of Tokyo.

Credit: Reuters, Photonics, Wikipedia: Holography.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply