Semburan Gelombang Radio Cepat: Tanda Keberadaan Alienkah?

Apakah para ilmuwan sempat mengambil gelombang radio cerdas pertama dari sebuah planet alien? Pertanyaan ini mengemuka setelah sekelompok astronom dari Australia beberapa waktu lalu menerima “semburan gelombang radio cepat” yang disertai sebuah sinyal ganda yang tidak pernah ditemui sebelumnya. Sejauh ini hanya ada 11 gelombang radio yang tidak teridentifikasi yang pernah direkam manusia.

Semburan gelombang radio cepat ini ditangkap oleh teleskop radio Parkes yang berlokasi di New South Wales, Australia. Emily Petroff, seorang anggota peneliti dari Swinburne University di Melbourne, percaya bahwa gelombang radio kali ini lebih spesial dari gelombang-gelombang sebelumnya. Petroff membandingkan gelombang radio kali ini dengan “sinyal WOW” yang ditangkap oleh Jerry Ehman pada tahun 1977 dengan teleskop radio Big Ear milik Ohio State University.

parkes-telescope-signal-400248 [35046]

Semburan gelombang radio cepat atau dalam bahasa Inggris disebut “Fast Radio Bursts” (FRBs) pertama kali direkam dalam sejarah pada tahun 2007, dan semburan gelombang radio cepat yang ditangkap para astronom Australia ini adalah yang kedua. Para ilmuwan yakin bahwa semburan gelombang radio cepat mengandung energi yang sangat besar dan berasal dari jarak yang sangat jauh; mungkin dari galaksi yang sangat jauh. Para ilmuwan memperkirakan jarak sumber FRBs dari delay yang terkandung pada setiap frekuensi yang diambil dan FRBs kali ini memiliki delay yang jauh lebih besar dari FRBs pada tahun 2007. Pengukuran delay ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa FRBs kali ini berasal dari galaksi yang sangat jauh, mungkin dari miliaran tahun cahaya dari galaksi kita!

 

Para ilmuwan terus berspekulasi mengenai apakah penyebab sebenarnya dari semburan gelombang radio cepat namun hingga sekarang mereka tidak dapat mencapai sebuah kesepakatan. Sebuah makalah penelitian menyampaikan hipotesis bahwa FRBs adalah hasil merger antara lubang hitam dan bintang neutron. Teori lain menjelaskan bahwa FRBs berasal dari penguapan lubang hitam, runtuh/meredupnya bintang, dan lain sebagainya. Bagaimanapun semua teori ini tidak bisa menjelaskan sinyal ganda yang menyertainya sehingga memicu spekulasi baru tentang pengaruh kecerdasan pada FRBs dan tentunya jika benar, kecerdasan yang dimaksud tentu bukanlah kecerdasan manusia namun adalah kecerdasan alien!
 

Credit: ExpressWikipedia: Wow! Signal.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply