Sistem GPS terbaru dengan keakuratan hingga satuan sentimeter telah diciptakan!

Para peneliti dari University of Texas telah mengembangkan sistem GPS yang sangat akurat hingga satuan sentimeter! Sistem GPS terbaru ini mampu menentukan posisi global dengan ketepatan yang jauh lebih tinggi dibanding sistem GPS apapun yang pernah diaplikasikan pada perangkat mobile. Sistem GPS terbaru ini memungkinkan kendaraan udara tak berawak atau biasa disebut dengan drone untuk mengirimkan paket ke posisi manapun. Teknologi yang dimilikinya memungkinkan drone untuk menghindari tabrakan pada berbagai benda di sekitar kita.

 photo 8F9D4C91-C71C-4E43-9CC6-49791C1E6571.jpg

Para peneliti mengkombinasikan sistem GPS terbaru ini dengan kamera smartphone untuk membangun sebuah peta 3D dari lingkungan seseorang dimana peta 3D ini juga akan meningkatkan pengalaman dalam bermain Virtual Reality (VR). Sejauh ini, berbagai permainan VR membatasi para pemainnya untuk bermain hanya di dalam sebuah ruangan yang tidak terlalu luas.

Menurut Todd Humphreys, asisten profesor sekaligus peneliti utama di proyek ini, sistem GPS yang tengah mereka kembangkan akan memberi keleluasaan bagi setiap pemain VR untuk berjalan-jalan dengan pemain lain tanpa harus selalu terpaku di depan monitor. Sistem GPS terbaru ini merupakan bagian dari sebuah sistem penanda lokasi yang sangat akurat yang memiliki ketelitian hingga satuan sentimeter.

 photo 910BF8FF-97E6-494F-A55A-9ECD1E193151.jpg

Sebenarnya sistem GPS dengan ketelitian hingga satuan sentimeter telah digunakan sejak lama dalam dunia geologi, survei, dan pemetaan, namun sistem GPS terbaru dari University of Texas ini mampu diaplikasikan pada berbagai perangkat mobile dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Letak keunggulan sistem GPS buatan Humphreys dkk adalah kemampuannya untuk mengekstrak lokasi dengan menggunakan antena yang biasa digunakan pada perangkat mobile pada umumnya.

Para peneliti telah menghabiskan kurang lebih 6 tahun penelitian untuk membangun alat penerima khusus yang disebut GRID. GRID adalah alat penerima khusus yang akan mengekstrak setiap informasi yang didapat dari antena. Sejauh ini GRID hanya beroperasi terpisah di luar perangkat mobile namun tidak lama lagi GRID akan dapat ditanamkan pada setiap perangkat mobile. Pengembangan sistem GPS ini didukung oleh Samsung, terutama pada pengembangan aksesoris snap-on yang berfungsi untuk melakukan pemberitahuan instan pada pengguna smartphone tentang segala hal yang berkaitan dengan orientasi lokasi.

Para ilmuwan berharap bahwa teknologi yang mereka kembangkan dapat menghasilkan perubahan signifikan terhadap kehidupan manusia sehari-hari, misalnya pada sektor transportasi dimana sistem GPS akan memberikan informasi lengkap mengenai kecepatan mobil dan posisi mobil lain yang mungkin terhalang oleh sebuah obyek.

Credit: Science Daily, Wikipedia: Virtual Reality.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply