Hoverboard, inilah Skateboard Masa Depan!

Dari sekian banyak ramalan teknologi baru-baru ini, mungkin tidak ada yang lebih mampu menandingi hoverboard yang dikendarai dengan susah payah oleh Marty McFly melalui jalan-jalan di 2015 Hill Valley. Apa itu hoverboard? Hoverboard adalah sebuah kombinasi dari budaya pop Amerika, yaitu skateboard, dan teknologi modern yang memungkinkan skateboard itu melayang. Sebuah teknologi yang nampaknya sulit dibayangkan oleh manusia, setidaknya pada masa kini!
image
Beberapa upaya yang dihasilkan selama ini mampu mencapai beberapa keberhasilan, namun dari semuanya tidak ada satupun yang mampu mewujudkan impian orang akan hoverboard yang “go-anywhere skateboard”, yaitu skateboard yang mampu melayang dan berpergian kemana saja. Upaya-upaya yang telah dilakukan membuat jantung setiap orang yang menantikan hoverboard senantiasa berdebar ketika mendengar penemuan terkait dipublikasikan. Secara mengejutkan, tahun 2015 ini, untuk sebuah alasan kuat yang dapat diterima, Lexus, merk mobil mewah buatan Toyota, menggabungkan diri ke dalam pembicaraan ini. Tentu berbagai percobaan ini sangat menjanjikan sehingga sebuah produsen mobil mewah sampai melibatkan diri.
 photo IMG_4338.jpg
Sam Sheffer, seorang pemerhati teknologi dari Amerika Serikat, semula meragukan setiap rumor mengenai hoverboard; dia dan banyak pemerhati hoverboard lain telah mengetahui bahwa Lexus sedang membangun sebuah skatepark namun tidak mengetahui bagaimana pemanfaatannya apalagi begitu banyak masalah sebelumnya terkait dengan pembuatan sebuah skateboard yang dapat melayang.
 photo IMG_4339.jpg
Bulan Maret lalu, ada kabar mengejutkan bahwa sebuah hoverboard telah diciptakan. Kabar ini terasa dapat dipercaya karena disertai oleh beberapa testimonial dari Doc Brown, Tony Hawk, dan nama-nama lain yang dihormati di dunia skateboard. Tetapi kekecewaan nampaknya harus diterima karena kabar itu hanyalah sebuah hoax dari Funny or Die, sebuah acara komedi terkenal di Amerika Serikat. Tetapi hanya beberapa bulan setelahnya, sebuah hoverboard yang disebut Hendo diluncurkan dengan pemberitaan bombastis, walau juga disertai oleh peringatan yang menyatakan setiap pembeli setidaknya harus mempersiapkan 10 ribu dolar Amerika untuk membeli Hendo dan juga lantai tembaga tempat hoverboard itu melayang di atasnya.

Skatepark buatan Lexus terbuat dari kayu yang dicat menyerupai semen yang dibangung di area yang cukup luas. Skatepark tersebut dilengkapi dengan track magnet yang berusaha disembunyikan oleh semacam plester. Di sini satu pertanyaan mungkin muncul di benak kita, “Kalau sebuah hoverboard hanya bisa melayang di area khusus, maka bagaimana mungkin perangkat itu disebut sebagai “go-anywhere skateboard”? Maksudnya tentu melayang ke berbagai tempat dalam arti sebenarnya, tidak terbatas pada jalur khusus.

Sam dan para pemerhati teknologi lain akhirnya menyadari bahwa skatepark tersebut adalah bagian dari proyek iklan terbaru Lexus yang akan menampilkan sebuah hoverboard sebagai salah alat promosi merk Lexus. Namun bagaimanapun, hoverboard tersebut lahir dari kerjasama Lexus dengan sekelompok ilmuwan di Hamburg, Jerman yang bekerja di Maglev Technology.

Apa perbedaannya dengan Hendo yang hanya bisa melayang di atas lantai tembaga? Perbedaannya adalah Hendo bekerja dengan prinsip hubungan antara elektromagnet dan tembaga, sementara hoverboard milik Lexus bekerja dengan superkonduktor yang didinginkan dengan nitrogen cair dan juga magnet permanen sebagai lintasannya. 

Pertama-tama perangkat Lexus hoverboard harus ditaruh di atas track magnet dengan tidak lupa menaruh papan kayu di bawah hoverboard untuk menentukan sejauh mana hoverboard tersebut dapat melayang. Semakin banyak papan kayu digunakan, maka semakin tinggi hoverboard dapat melayang; tetapi ketinggian maksimum hoverboard tersebut dapat melayang adalah 4 cm. Setelah papan kayu mencapai temperatur kritis maka superkonduktor akan berinteraksi dengan magnet sedemikian rupa sehingga dua perangkat tersebut terjebak ke dalam suatu medan magnet. Medan magnet itulah yang akan mengangkat hoverboard beserta penggunanya sehingga dapat melayang-layang di udara.

Hoverboard milik Lexus dilapisi oleh sejenis keramik yang berfungsi sebagai super semikonduktor. Superkonduktor tersebut terbuat dari kombinasi yttrium, barium, tembaga, dan oksigen. Nitrogen cair digunakan untuk mendinginkan semikonduktor hingga suhu minus 180 derajat celcius. Selanjutnya proses berlangsung seperti yang telah dijelaskan di atas.

Proses demonstrasi yang dilihat oleh Sam Sheffer dapat dijelaskan sebagai berikut. Para ilmuwan menempatkan sebuah hoverboard yang baru saja didinginkan di atas trek dan….. hoverboard itu melayang dan dapat didorong bolak balik sepanjang trek dalam keadaan melayang! Selama melayang, hoverboard itu seperti memuntahkan gas nitrogen di sisi-sisinya.

Satu hal yang harus diperhatikan, hoverboard tersebut mampu melayang selama kurang lebih 20 menit, tergantung dari suhu lingkungan dan juga berat pengendara. Semakin berat pengendara, semakin pendek waktu melayang yang dapat ditempuh. Nampaknya era dimana manusia bisa melayang-layang dengan bebas seperti di berbagai film fantasi yang pernah kita tonton, akan datang tidak lama lagi!

Credit: WiredAutoblogWikipedia: Hoverboard.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply