Solid-State Drive ini Menggunakan Gelombang Suara untuk Transfer Data

Sebuah tim ilmuwan dari University of Sheffield dan University of Leeds telah menemukan solusi yang tidak terbayangkan untuk mempercepat kinerja komputer. Solusi itu adalah suara! Tim peneliti dari kedua kampus ini telah membuktikan bahwa beberapa jenis gelombang suara dapat mempercepat transfer data dengan daya minimal. Selama ini, sebagian besar data di dunia disimpan pada hard disk, yaitu semacam cakram magnetik yang terus berputar sembari dipindai oleh sebuah sensor yang digunakan untuk membaca data yang tersimpan. Disk magnetik bergerak dengan kecepatan yang terbatas, sedangkan kecepatan putaran disk berbanding lurus dengan kecepatan transfer data, sehingga komputer memiliki keterbatasan dalam pembacaan data.

Fakta bahwa kecepatan komputasi data sangat tergantung pada kecepatan putaran disk magnetik menyebabkan banyak ilmuwan sampai pada sebuah kesimpulan, yaitu mereka perlu untuk membuat semacam “solid-state drive” yang meminimalisir kebutuhan terhadap gerak bagian drive itu sendiri. Solid-state drive (SSD) menyimpan data secara elektrik, alih-alih secara magnetik seperti yang dilakukan oleh hard disk konvensional. Secara umum, SSD bekerja lebih cepat dari hard disk konvensional, namun terdapat sebuah masalah besar dalam pengaplikasiannya secara luas yaitu pada harganya yang sangat mahal. Tidak hanya itu, solid-state disk juga berjalan cukup lambat pada beberapa jenis komputer modern.
 photo solid-state drive.jpg

Sebagian ilmuwan berpendapat bahwa solusi untuk masalah ini adalah solid-state drive magnetik. Drive komputer ini terdiri dari rangkaian kabel magnet kecil yang masing-masing ratusan kali lebih tipis dari rambut manusia! Prinsip yang digunakan adalah data ditransfer melalui jaringan kabel magnetik. Apa yang digunakan untuk melakukan transfer data? Para ilmuwan menggunakan medan magnet atau arus listrik, namun sayangnya dua metode ini hanya akan meningkatkan panas dan emisi CO2 sekaligus mengurangi daya tahan baterai.

Akhirnya Dr Tom Hayward dari University of Sheffield dan Profesor John Cunningham dari University of Leeds memunculkan sebuah solusi baru, yaitu melakukan transfer data dengan menggunakan gelombang suara. Dr Hayward dan Profesor Cunningham sebagai dua pimpinan studi mengumumkan bahwa arah aliran data yang dihasilkan sangat tergantung dari jenis pitch suara yang dihasilkan. Secara general, setiap jenis suara akan melakukan transfer data dengan arah yang berbeda-beda satu sama lain. Dalam percobaan ini, tim peneliti menggunakan gelombang akustik permukaan.

sound

Menurut Dr Hayward, alasan utama mereka menggunakan gelombang akustik permukaan dan bukannya jenis-jenis gelombang lain adalah bahwa gelombang akustik permukaan mampu melakukan perjalanan hingga beberapa sentimeter. Perjalanan sejauh beberapa sentimeter berarti perjalanan yang sangat panjang jika diukur dalam standar nano. Karena setiap kabel magnetic yang menyusun solid-state drive adalah kabel nano, maka gelombang akustik permukaan dapat digunakan untuk memindahkan data dengan leluasa tanpa mempedulikan berapa banyak jumlah kabel nano yang harus dilalui oleh aliran data. Selain itu dengan menggunakan gelombang akustik permukaan, para ilmuwan dapat memindahkan banyak data dengan daya minimal. Sekarang para ilmuwan tengah bekerja untuk menciptakan sebuah prototype peralatan yang memungkinkan konsep transfer data ini diuji dalam kondisi yang mendekati kondisi sesungguhnya.

 

Credit: Science DailyWikipedia: Solid-State DriveTuntor.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

One thought on “Solid-State Drive ini Menggunakan Gelombang Suara untuk Transfer Data

  • Saif

    (August 24, 2017 - 10:15 pm)

    kemajuan teknologi tidak bisa di hindari memang, memang ilmuwan jagoanya dalam mendorong teknologi logi lebih maju. Mungkin ke depan bukan lagi menggunakan gelombang suara tetapi kecepatan cahaya untuk perputaran hardisk.

Leave a Reply