Suara yang Dihasilkan Headphone 3D ini Dapat Anda Kejar!

Saat ini Anda pasti sangat familiar dengan speaker mono, stereo, ataupun multisource. Speaker mono menghasilkan hanya satu sumber suara, yang kira-kira jika digambarkan suara tersebut tepat berada di depan hidung Anda. Sedangkan speaker stereo menghasilkan dua sumber suara yang jika digambarkan, suara tersebut ada di kanan dan kiri kita.

(null)
(null)
(null)

Di kehidupan nyata, Anda mendengar alam sekitar dari berbagai arah. Inilah yang berusaha dihadirkan oleh speaker multisource pada sistem speaker di bioskop maupun home theater. Speaker home teather berjumlah 5+1 buah ditempatkan di depan kanan-tengah-kiri, serta belakang kanan dan kiri, plus dengan satu subwoofer untuk suara bass. Sistem suara 5.1 ini didapatkan pada kualitas film DVD, jika Anda menginginkan kualitas yang lebih real lagi maka Anda dapat menggunakan Blue-ray yang memiliki kualitas suara 7.1, dengan dua speaker tambahan.

(null)

Tapi sekarang Anda tidak perlu lagi repot menggunakan begitu banyaknya speaker untuk mendapatkan kualitas suara tiga dimensi. Karena sekarang 3D Sound Lab telah menciptakan sebuah headphone praktis bernama Neoh yang mampu menghasilkan suara dengan efek multisource. Tidak hanya itu, pada saat Anda sedang mendengarkan suara yang seakan-akan berada di belakang Anda menggunakan headphone ini, lalu Anda menoleh ke belakang, suara yang Anda dengarkan tadi masih tetap berada di posisi awal. Suara tersebut tidak ikut berpindah jika kepala Anda gerakkan.

(null)

Secara tidak sadar otak manusia akan mengejar sumber suara yang ia dengarkan dengan cara menggerakkan kepalanya ke arah sumber suara. Gerakan ini dibutuhkan otak Anda untuk mengetahui sumber suara secara lebih akurat. Sama hal nya pada saat Anda menonton film dengan channel audio multisource. Anda akan secara alami menggerakkan kepala Anda untuk mencari sumber suara yang muncul. Aktifitas otak ini kita kenal dengan nama efek psychoacoustic.

(null)

Headphone yang diberi nama Neoh ini menyematkan teknologi sensor gerak berupa gyroscope, accelerometer, serta magnetometer di dalamnya. Dikombinasikan dengan efek psychoacoustic serta software khusus, headphone ini akan menghasilkan suara yang seakan-akan sumber suara yang Anda kejar tidak akan beranjak dari tempatnya. Teknologi ini akan semakin memanjakan Anda yang gemar menonton film High Definition melalui tablet Anda, ataupun
untuk Anda yang gemar bermain game. Efek tiga dimensi yang dihasilkan oleh headphone ini, pemain akan lebih aware pada setiap aksi game yang ia mainkan.

(null)

Jika Anda tertarik, sebaiknya Anda bersabar terlebih dahulu. Produk ini memang sudah mulai diproduksi masal, hanya saja pihak produsen masih dalam proses sertifikasi untuk setiap bagian Neoh. Pihak 3D Sound Lab juga telah menyiapkan beberapa pilihan paket produk. Untuk yang termurah, mereka mematok harga US$ 159.

(null)

Sumber: 3D Sound Lab, Cnet.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply