Tesla Autopilot, dirilis ke publik tapi belum sempurna

Saat pabrikan mobil lain sedang melakukan uji coba autonomous car, atau mobil yang bisa berkendara sendiri tanpa kehadiran driver di dalamnya, Tesla ternyata sudah menawarkan ke publik untuk mode berkendara sendiri. Yup, “Tesla Autopilot” adalah nama dari proyek ini, dan telah dihadirkan oleh Tesla untuk Model S melalui update Software 7.0 versi terbaru.

 photo tesla-autopilot-drive-630x355.jpg

Pada Tesla Model S, fungsi Tesla Autopilot menggunakan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi. Alat pendukungnya adalah kamera, radar, ultrasonik dan posisi yang ditangkap satelit. Jadi Model S akan dipandu dengan sensor ultrasonik berjumlah 12 buah yang dapat menyebar sejauh radius 16 kaki di setiap arah. Sensor ini juga didukung dengan perangkat bantuan rem elektronik digital yang presisi.

Meskipun inovasi ini cukup canggih, tapi Tesla sendiri menegaskan bahwan mode ini tidak menjamin 100% aman. Sehingga Anda masih harus tetap menyiagakan tangan anda di dekat setir. Beberapa pemilik Model S mulai mempraktekan Tesla Autopilot ini, dan mendokumentasikannya melalui video.

Dalam channel Youtube  berikut Tesla Model S memeberikan performa yang sangat menjanjikan dengen mode Tesla Autopilot. Mobil ini dapat berada di jalurnya dan dapat mengerem apabila ada perubahan kecepatan pada mobil depan, setelah itu ia dapat berakselerasi dengan sendirinya. Untuk mengganti lajur pun hanya dengan mengaktifkan lampu sein ke kanan atau kiri, maka mobil akan mendeteksi apakah ada gangguan atau tidak, setelah itu mobil ini berganti lajur.

 

Namun pada uji coba lainnya, terutama untuk berkendara di jalan tol, terkadang Tesla Model S bergerak cukup ekstrim keluar jalur, hal ini tentu cukup membahayakan. Seperti pada akun channel RockTreeStar, Model S-nya diuji di jalan nasional dan begitu ada mobil lawan arah, mobil bergerak secara tiba-tiba ke arah mobil lawan. Hal ini membuat reflek driver terkejut dan segera memutar kemudi untuk mengghindari tabrakan, untungnya keadaan masih dapat dikendalikan.

 

Tesla sendiri mengatakan bahwa  mode Tesla Autopilot masih dalam tahap pengembangan sehingga apabila ingin menggunakannya Anda harus extra hati-hati. Tangan masih harus tetap siaga di setir, dan sepertinya Anda hanya bisa menggunakannya di jalan tol saja dengan ada marka jalan, seperti mode Cruise Control pada mobil saat ini. Namun setidaknya terobosan Tesla Autopilot membuat terobosan yang lebih baik akan teknologi Autonomous Driver di masa depan. Bagaimana, tertarik dengan Tesla Autopilot? Jangan lupa cek dulu harga mobil Tesla Model S.

 

Credit: Teslamtors

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply