Tips Mengatasi iOS 9 yang lag atau slow performance

Update iOS 9 yang digulirkan oleh Apple pada 18 September kemarin memang membawa banyak perubahan dan penambahan fitur di gadget iPhone. Pengembangan fitur multitasking yang lebih baik, perbaikan dan penambahan fungsi dari Siri yang sudah terintegrasi dengan Spotlight, mirip seperti Google Now di Android. Juga penambahan fitur pada aplikasi Note, Maps, Carplay, Wallet, News dan masih banyak fitur lainnya yang dibenasi oleh Apple pada update iOS 9 ini.

 photo iOS-9-Apple-iOS-9-Fixes-681x516_zpszgxgd3tv.jpg

Namun selang beberapa hari ini banyak user yang melaporkan iPhone miliknya, baik itu versi 4s, 5, 5s bahkan 6 mengalami penurunan performa atau istilah umumnya lag dalam navigasi menu maupun respon interaksi usernya. Apakah iPhone milik Anda juga mengalaminya?

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi beban dari iOS 9 pada hardware iPhone Anda tanpa kompensasi penurunan keasyikan pengalaman menggunakan iPhone. 

Reduce Motion

Secara default iOS 9 menggunakan system animasi dan efek paralaks dalam setiap navigasi menu ataupun interaksi ke pengguna, baik dalam aplikasi bawaan maupun dalam aplikasi pihak ketiga. Fitur ini memang sangat menarik dan cantik, tetapi jika dianggap tidak terlalu penting bisa dimatikan dengan cara mengaktifkan fitur Reduce Motion, sehingga efek rendering lebih ringan dan berimbas pada performa secara keseluruhan. Untuk mengaktifkan fitur Reduce Motion dapat ditemukan pada tempat berikut:

Settings > General > Accessibility > Reduce Motion switch ON.

 photo Photo 23-09-15 4.24.01 PM_zpsjtuycuik.png 

Reduce Transparency

Mirip dengan Reduce Motion, fitur ini ditujukan untuk mengurangi efek transparansi pada layer dari setiap halaman di menu atau aplikasi pada iPhone. Memang efek ini sangat cantik dan eye catching, tetapi jika tidak terlalu butuh dengan efek transparan, Anda bisa mematikannya dengan cara aktifkan Reduce Tranparancy. Fitur ini dapat ditemukan pada tempat berikut:

Settings > General > Accessibility > Increase Contrast > Reduce Transparency switch ON.

 photo Photo 23-09-15 4.23.54 PM_zpsurqyxooe.png 

Background App Refresh

Fitur iOS 9 menyediakan opsi agar aplikasi pihak ketiga dapat selalu melakukan refresh in background atau melakukan update data atau notifikasi di background, terutama untuk aplikasi yang tidak support push notificatioan, alias menggunakan fetch notification mode. Dengan mematikan fitur ini maka secara signifikan akan menghemat daya, meningkatkan efisiensi sistem, dan meringankan kinerja secara keseluruhan. Bahkan setelah di uji coba, mematikan fitur ini tidak terlalu berpengaruh pada push notification aplikasi. Aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Periscope, dan lain lain semua masih berjalan normal dan notifikasi tetap realtime.

Untuk mematikan fitur Background App Refresh dapat ditemukan pada:

Settings > General > Background App Refresh, switch OFF

 photo Photo 23-09-15 4.24.23 PM_zpsrdf1yp3o.png 

Siri Suggestions

Ini merupakan salah satu fitur baru yang hadir pada iOS 9, dimana dilakukan optimasi lebih pada fitur Siri. Trend Siri telah memunculkan kompetitor lain semisal Google Now dari Android dan Cortana dari Windows. Dengan Siri Suggestions maka Siri akan memberi opsi pilihan seperti aplikasi, people, lokasi, cuaca, dan banyak hal lainnya, tergantung seberapa banyak akses yang Anda ijinkan dalam Siri Suggestions. Fitur ini memang sangat baik dan berguna, tetapi dengan mode yang selalu standby, maka kondisi ini memaksa hardware selalu bekerja keras dan berimbas pada performa keseluruhan yang akan terbebani. Menonaktifkan Siri Suggestions akan memberikan efek serasa iOS 8 yang relatif lebih ringan, terutama untuk iPhone model lama. Cara menonaktifkan Siri Suggestion adalah dengan masuk ke menu berikut:

Settings > General > Spotlight Search > Siri Suggestions > switch OFF

 photo Photo 23-09-15 4.23.34 PM_zpsnsfrbj8c.png 

Kesimpulan

Setelah mencoba beberapa waktu, menonaktifkan Siri Suggestions dan Background App Refresh pada iOS 9 ternyata jauh lebih memberi dampak dibanding mengunakan Reduce Motion dan Reduce Tranparency. Saya pribadi dengan hanya menonaktifkan Siri Suggestions dan Background App Refresh, serta tanpa mengedit menu yang lain, saya dapatkan perbedaan signifikan dibanding saat default iOS 9. Atau apakah Anda menemukan trik yang lebih baik lagi? Silahkan tulis komentar Anda dan mari berbagi melalui kolom komentar di bawah ini. 

Credit: Redmondpie

 

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply