World Drone Prix: Lomba Balap Drone Pertama di Dunia akan diselenggarakan di Dubai

Drone menjadi salah satu gadget yang semakin populer akhir-akhir ini, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi mobile terutama smartphone. Drone sering disandingkan dengan smartphone, sebagai kontrol pergerakan ataupun sebagai penambah fungsi dari Drone tersebut.

Tahukah anda drone pada awal kemunculannya sangat rahasia dan terbatas penggunaanya. Hanya dipakai untuk kepentingan militer saja, drone digunakan sebagai alat pengintai daerah yang sulit untuk dijangkau oleh pasukan melalui jalur darat. Nah, saat ini drone sudah menjelma sebagai barang yang mudah didapat dan bisa dipakai oleh segala usia. Oleh karena itu sebentar lagi akan diselenggarakan World Drone Prix, yah sebuah gelaran balap Drone tingkat international.

 photo 0E8693D0-F36C-4AB2-B443-4FEAFB0CE5AC.jpg

Kepopuleran drone sendiri telah menarik perhatian dan partisipasi dari banyak pihak. World Drone Prix yang akan diselenggarakan pertama kali di Dubai ini akan disediakan hadiah dengan total 1 juta dollar atau sekitar 14 Miliar rupiah, termasuk sebesar 250 ribu dollar atau setara 3,5 Miliar rupiah sebagai hadiah utama untuk pemenang.

 photo 4597F4E1-C70B-4701-873C-B9A96D5F7727.png

World Drone Prix pertama akan direncanakan untuk digelar di Dubai pada tanggal 11 dan 12 Maret 2016 dengan terlebih dahulu menjalani babak kualifikasi pada tanggal 7 dan 8 Maret 2016. Diperkirakan akan lebih dari 100 team yang akan berpartisipasi dalam lomba ini. Drone akan dipacu dengan kecepatan hingga lebih dari 99 km/jam. Hanya 32 tim yang akan masuk babak kualifikasi dan akan menjalani balap sebenarnya pada 11 dan 12 Maret 2016 mendatang.

img_0299

Dalam rangka mengkampanyekan World Drone Prix, penyelenggara menggugah sebuah video ke Youtube. Video tersebut memang tidak menggambarkan akan adu balap antar Drone, namun menunjukkan adu balap antara Drone melawan mobil McLaren P1. Digambarkan bahwa balapan terjadi di dalam kota Dubai dengan segala aksen dan pernak pernik lintasan balapan lengkap dengan checkpoint setiap lintasan, mirip dengan balapan pada sebuah video game. Tertarik untuk mengikuti kompetisi ini? Sapa tahu, Anda-lah yang memboyong hadiah utama sebesar 3,5 Miliar rupiah. Lumayan bisa untuk beli mobil McLaren beneran.

Sumber : WorldDronePrix, Engadget

Post Author: Andri Eko

Seorang anak manusia yang menyukai perkembangan teknologi otomotif dan gadget.

Leave a Reply