Wormhole Buatan Pertama Telah Diciptakan!

Para ilmuwan dari Departemen Fisika di Universitat Autonoma de Barcelona telah menciptakan sebuah wormhole buatan pertama yang dapat menghubungkan dua wilayah ruang magnetis. Saluran wormhole ini mentransfer medan magnet dari satu titik ke titik lain. Tapi apa yang kita ketahui tentang sebuah wormhole? Kita biasa mendefinisikan wormhole sebagai suatu terowongan kosmik yang mampu menghubungkan dua daerah yang sangat berjauhan satu sama lain, hingga tahunan cahaya. Definisi ini berasal dari berbagai teori fisika dan film fiksi bertema luar angkasa seperti Star Trek dan Interstellar. 

 
Menurut teori, sebuah wormhole dapat dibuat dengan memanipulasi suatu area dengan energi gravitasi dalam jumlah yang sangat besar (suatu hal yang tidak mungkin dilakukan, setidaknya untuk saat ini). Mungkin penjelasan mengenai cara kerja wormhole yang paling mudah adalah membayangkan kita sebagai seekor semut yang merayap di permukaan apel yang sedang tergantung pada seutas benang. Kita harus mengitari permukaan apel untuk sampai pada sisi apel lainnya. Sekarang bayangkan jika pada tengah-tengah apel dibuat lubang vertical. Anda sebagai semut dapat berpergian ke sisi apel lain dengan jauh lebih cepat melalui lubang di tengah-tengah apel. Kira-kira begitulah cara kerja sebuah wormhole! Jarak tahunan cahaya antar dua alam semesta dapat ditempuh dalam waktu singkat.

Wormhole Elektromagnetik

Kembali pada apa yang ditemukan oleh para ilmuwan Universitat Autonoma de Barcelona, wormhole yang mereka buat adalah wormhole elektromagnetik. Wormhole ini dibuat sebagai kemajuan dalam ilmu metamaterial dan modifikasi elektromagnetisme. Para peneliti menggunakan metamaterial dan metasurface untuk membangun sebuah terowongan eksperimental yang memungkinkan medan magnet yang ditransfer dari salah satu ujung terowongan akan muncul di ujung lainnya sebagai medan magnet monopole. Apa itu medan magnet monopole? Medan magnet monopole, sesuai dengan namanya, adalah medan magnet dengan satu kutub, tidak ada kutub utara dan selatan. Hal paling menarik dari transfer medan magnet ini adalah bahwa hal ini dilakukan melalui dimensi khusus, selain dari tiga dimensi konvensional yang kita kenal selama ini! 

Proses Pembuatan 

Dalam percobaan ini, wormhole dibuat dari sebuah bola yang terbuat dari beberapa lapisan berbeda. Lapisan eksternal berasal dari material feromagnetik, sedangkan lapisan internal terbuat dari material superkonduktor. Selapis material feromagnetik kemudian digulung menjadi sebentuk silinder yang melintasi bola dari ujung ke ujung. Bola percobaan ini dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi magnetis tanpa terdeteksi. Maksud tanpa terdeteksi di sini adalah kita tidak dapat mendeteksi aliran medan magnet dalam bola. 
 photo Attachment-1-10.jpg

Percobaan ini adalah percobaan yang merubah topologi ruang, dimana “dimensi internal” dari ruang dapat dihapus secara magnetis. Jangan lupa bahwa saluran wormhole merupakan dimensi tersendiri yang berbeda dengan tiga dimensi konvensional! Tahun lalu, para peneliti yang sama telah mengembangkan semacam serat magnetik yang dapat mentransfer medan magnet dari satu titik ke titik lain. Hal yang membedakan dengan penemuan wormhole elektromagnetik ini adalah soal terdeteksi tidaknya aliran medan magnetik yang ditransfer. Serat magnetik tidak mampu mentransfer medan magnetik tanpa terdeteksi.
 
 photo Attachment-1-11.gif

Manfaat 

Apakah Anda mengira bahwa aplikasi teknologi wormhole elektromagnetik ini hanya untuk perjalanan antar galaksi? Jika iya maka Anda salah karena teknologi ini bisa diterapkan di dunia kesehatan. Misalnya untuk mendapatkan berbagai gambar MRI scan yang diperoleh secara bersamaan. Untuk diketahui, selama ini gambar MRI scan diambil satu per satu dan tidak bisa seketika. 

Studi ini dipublikasikan dalam sebuah jurnal ilmiah yang dirilis oleh Universitat Autonoma de Barcelona. Kita harap tidak hanya untuk kepentingan medis, namun mampu menjadi dasar bagi manusia untuk melakukan perjalanan antar galaksi sungguhan!

Credit: Scitech Daily, Langit Selatan.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply