100% fasilitas Apple di seluruh dunia sudah disokong energi terbarukan!

Dalam sebuah konferensi pers, Apple mengklaim bahwa semua fasilitas Apple di seluruh dunia saat ini berjalan dengan 100 persen energi bersih. Itu termasuk kantor, pusat data, dan toko-toko ritel lokal di 43 negara. Perusahaan juga mencatat bahwa sembilan mitra manufakturnya telah berkomitmen untuk memproduksi produk Apple mereka dengan energi terbarukan.

“Setelah bertahun-tahun kerja keras, kami bangga telah mencapai tonggak signifikan ini,” kata CEO Apple Tim Cook dalam sebuah pernyataan. “Kami akan terus mendorong batas-batas apa yang mungkin dengan bahan-bahan dalam produk kami, cara kami mendaur ulang mereka, fasilitas kami dan kerjasama kami dengan pemasok untuk membangun sumber energi terbarukan yang kreatif dan berwawasan ke depan karena kami tahu masa depan tergantung padanya.”

Kantor Apple yang beratapkan panel surya
Kantor Apple yang beratapkan panel surya

Apple telah berfokus selama bertahun-tahun untuk membuat produknya dan operasinya lebih ramah lingkungan dan telah lama berkomitmen untuk menjalankan operasinya sepenuhnya pada energi terbarukan.

Apple mengatakan dalam laporan tanggung jawab lingkungan tahun 2017-nya, bahwa pada tahun 2016, 96 persen operasional perusahaan ini dipasok energi terbarukan, seperti tenaga surya, air dan tenaga angin. Di 24 negara tempat perusahaan beroperasi, Apple telah mencapai tingkat terbarukan 100 persen, dan hampir 100 persen kertas yang digunakan dalam kemasan produk berasal dari sumber daur ulang atau yang mereka sebut “sumber yang dikelola secara bertanggung jawab.”

Pada 2014, semua pusat data Apple telah didukung oleh energi bersih, dan perusahaan mengatakan bahwa sejak 2011, proyek energi terbarukannya telah mengurangi emisi gas rumah kaca dari fasilitasnya di seluruh dunia sebesar 54 persen. Markas baru perusahaan itu, Apple Park di Cupertino, California, beroperasi dengan energi terbarukan, termasuk proyek panel surya atap 17 megawatt dan empat megawatt sel bahan bakar biogas.

Seiring dengan kampus baru, Apple memiliki 25 proyek energi terbarukan yang beroperasi di seluruh dunia yang dapat menghasilkan kapasitas total 626 megawatt. Disebutkan ada 286 megawatt pembangkit panel surya sudah beroperasi sejak tahun lalu, dan memiliki 15 proyek lagi dalam konstruksi. Setelah selesai, Apple akan memiliki 1,4 gigawatts energi terbarukan yang bersih di 11 negara.

Adapun pemasoknya, Apple mengatakan penggunaan energi bersih mereka membantu mencegah 1,5 juta metrik ton gas rumah kaca dari yang dipancarkan pada tahun 2017 – setara dengan melarang lebih dari 300.000 mobil berjalan di jalanan. Dan lebih dari 85 pemasok telah mendaftar untuk Portal Energi Bersih Apple yang membantu pemasok menemukan energi terbarukan di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Credit: CNet

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply