576 km/jam: Inilah Rekor Kecepatan Tertinggi Mobil Listrik yang Baru Saja Terpecahkan!

Sebuah rekor kecepatan kendaraan darat baru saja terpecahkan. Kali ini bukan kendaraan bertanaga motor bakar ataupun jet, namun kendaraan darat yang ditenagai dengan motor listrik. VBB-3, sebuah kendaraan darat hasil kreasi gabungan antara perusahaan otomobil listrik Venturi asal Monaco dengan mahasiswa-mahasiswa dari The Ohio State University, berhasil mencetak rekor baru dengan mencapai kecepatan maksimal 358 mil per jam atau setara 576 kilometer per jam, di Dataran Garam Bonneville, Utah, Amerika Serikat.

VBB-3 merupakan kepanjangan dari Venturi Buckeye Bullet, menjadi generasi penerus VBB-2 dan VBB-2.5 sebagai proyek untuk mencetak rekor kecepatan kendaraan listrik darat. Kedua kendaraan terdahulu sebenarnya telah berhasil memecahkan rekor kecepatan, namun VBB-3 yang mulai didesain sejak tahun 2013 sudah digadang-gadang akan mengalahkan rekor-rekor yang lama dan menciptakan rekor kecepatan baru. Kendaraan khusus ini memiliki bobot total mencapai 3,5 ton, dan hampir separuhnya disumbang dari bobot baterai. Untuk dapur pacu, VBB-3 ditopang oleh dua motor listrik dengan daya masing-masing mencapai 1.500 tenaga kuda. Dengan total daya maksimal mencapai 3.000 tenaga kuda, serta kekuatan torsi mencapai 2.700 Newton meter untuk menggerakkan keempat rodanya, tentu membuat kendaraan ini dapat dinobatkan sebagai mobil monster listrik.

venturi-vbb-3

Sebelumnya, terhitung dua kali usaha pemecahan rekor ini sempat terhalang oleh kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Seperti pada usaha tahun lalu misalnya, sekalipun kondisi cuaca kurang mendukung, VBB-3 masih terus mencoba memecahkan rekor meskipun hanya berhasil mencapai kecepatan 386 km/jam. Meski pada tahun ini mereka berhasil jauh melampaui rekor terakhir mereka, tim Venturi masih terus berbenah dan ingin mengejar kecepatan hingga 640 km/jam.

“Ini sungguh melegakan, mengingat kami telah menunggu hasil ini selama tiga tahun,” ujar pemilik Venturi, Gildo Pastor Bellanca. “Hujan deras dan cuaca buruk di Dataran Garam menghalangi kesuksesan kami. VBB-3 adalah mobil listrik paling bertenaga di dunia (3.000 hp). Kami harus mendemonstrasikan bahwa ia juga merupakan yang tersepat. Itu telah tercapai dengan memecahkan rekor kami sendiri saat menggunakan VBB-2.5 pada tahun 2010. Ini juga menunjukkan bahwa kerjasama antara mahasiswa dengan pabrikan mampu memajukan industri otomotif baru ini dalam hal riset dan pengembangan.”

 photo E60B753A-BB36-4524-A2B8-CDF7BDD1A60E.jpg

Venturi bersama aktor Holywood Leonardo DiCaprio bersama-sama ikut mensponsori salah satu tim peserta balap mobil listrik Formula E. Balap mobil bergengsi asuhan FIA ini akan memulai musim 2016-2017 pada bulan Oktober mendatang di Hong Kong.

Credit: Electrek, FIA Formula E

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply