Astronot Jepang ini bertambah tinggi 9 cm hanya dalam 3 minggu berada di Stasiun Ruang Angkasa Internasional!

Apakah Anda menginginkan tubuh tinggi? Menjadi astronot patut Anda pertimbangkan, karena tahukah Anda, seorang astronot asal Jepang bernama Norishige Kanai melaporkan bahwa tinggi badannya bertambah 9 cm, hanya dalam kurun waktu 3 minggu saja berada di Stasiun Ruang Angkasa Internasional ISS.

Hal ini dilaporkan sendiri oleh Kanai lewat akun Twitternya beberapa hari yang lalu. Berikut yang ia sampaikan.

“Tuan-tuan dan Nyonya-nyonya, selamat pagi.

Hari ini kami punya pengumuman penting.
Kami baru saja melakukan pengukuran badan setelah sampai di ruang angkasa, dan wow, wow, wow, tinggi saya bertambah 9cm!

Saya tumbuh selayaknya tumbuhan dalam tiga minggu. Tidak pernah seperti ini sejak SMA. Saya sedikit khawatir apakah nanti cukup untuk duduk di kursi Soyuz ketika pulang.”

Norishige Kanai

Selama berada di ruang angkasa, seorang astronot memang wajar jika mengalami penambahan tinggi badan. Hal ini dikarenakan kondisi gravitasi nol yang membuat tulang belakang astronot meregang, sehingga menambah tinggi badan. Rata-rata astronot mengalami penambahan tinggi dua hingga lima sentimeter saja. Maka wajar saja jika Astronot Kanai sedikit khawatir, mengingat penambahan tinggi badannya yang jauh di atas rata-rata.

Norishige Kanai menjalankan misi Expedition 54 bersama lima astronot lain yakni Alexander Misurkin dan Anton Shkaplerov asal Rusia, serta Mark T. Vande Hei, Joseph M. Acaba dan Scott D. Tingle asal Amerika Serikat. Mereka berangkat pada 17 Desember 2017 lalu untuk menjalankan misi selama enam minggu di International Space Station. Mereka ditargetkan untuk melakukan beberapa penelitian seperti masalah bakteri, penggunaan fiber optik pada kondisi mikro-gravitasi, mengukur jumlah sinar matahari yang diterima Bumi, mengumpulkan data sampah ruang angkasa di orbit-rendah Bumi, serta mempelajari teknik penggandaan-diri material.

Direncanakan Kanai dan rekan-rekannya akan kembali ke Bumi pada bulan April 2018 nanti. Mereka akan menaiki pesawat Soyuz MS-07, sama seperti yang mereka naiki ketika meluncur ke angkasa Desember lalu.

Credit: BBC

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply