Babak baru Hyperloop: 300 km/jam dicapai pada ujicoba 500 meter jalur pipa penuh!

Sebuah kabar terbaru tentang pengembangan teknologi transportasi masal masa depan hyperloop baru saja hadir. Hyperloop One, salah satu pengembang hyperloop paling maju saat ini telah berhasil melakukan ujicoba dengan menggunakan jalur pipa sepanjang hampir 500 meter. Pada ujicoba kali ini mereka menjalankan sebuah lokomotif tunggal yang mampu mencapai kecepatan maksimal 310 km/jam hanya pada jalur pendek tersebut. Dilansir dari situs resmi Hyperloop One, motor listrik penggerak hyperloop ini hanya melakukan dorongan propulsi sepanjang 300 meter saja. Sehingga jika jalur pipa hyperloop tersebut mereka tambah menjadi 2000 meter lagi, diperkirakan lokomotif hyperloop ini akan mampu mencapai kecepatan maksimum 1100 km/jam. Fantastis!

Ujicoba yang dilakukan di area Gurun Nevada, Las Vegas, Amerika Serikat ini menjadi ujicoba skala-penuh pertama dari hyperloop. Pertama kalinya menggunakan jalur pipa tertutup penuh, lengkap dengan kondisi tekanan vakum di dalamnya. Tekanan vakum di dalam jalur pipa hyperloop memang menjadi ciri khas kereta modern ini. Kondisi vakum akan membuat hyperloop mampu mencapai kecepatan jauh lebih tinggi, bahkan akan jauh melewati kereta peluru Jepang. Pada ujicoba skala-penuh kali ini, Hyperloop One mengkondisikan tekanan udara di dalam jalur pipa sama dengan jika kita berada di ketinggian 200.000 kaki (61.000 meter) di atas permukaan air laut.

“Tim di pabrik Apex kami di Nevada mengalami hari-hari yang panjang dan panas selama berminggu-minggu untuk membawa kita melewati tonggak sejarah ini, memasang ratusan kaki sistem trek tambahan, motor, dan sistem pengereman, yang membuat perbaikan perangkat keras kontrol dan kendaraan menjadi konstan, dan mendapatkan XP-1 aeroshell dapat dikirim dan dipasang di chassis,” demikian tulis Josh Giegel dan Shervin Pishevar selaku pendiri Hyperloop One dilansir dari lama resmi situs mereka.

img_2502

Hyperloop tidak hanya berhenti sebagai sebuah konsep sistem transportasi masal saja, melainkan sudah hampir menjadi nyata. Bahkan pesonanya sudah memikat negara Uni Emirat Arab dan India. Bahkan bisa saja Dubai akan menjadi kota pertama di dunia yang mengadopsi hyperloop. Jadi, kita tunggu saja kelanjutannya!

Credit: Hyperloop One, The Verge

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply