Bahkan, kini sikat gigi pun tersemat kecerdasan buatan!

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kecerdasan buatan adalah masa depan manusia. Tetapi jika sebuah sikat gigi saja disematkan kecerdasan buatan, apa yang bisa dilakukan olehnya?

Perhelatan akbar pameran gadget dunia bertajuk Consumer Electronics Show (CES) 2017 menjadi ajang unjuk gigi berbagai perusahaan gadget dunia untuk memamerkan gadget-gadget baru besutan mereka. Tak terkecuali sebuah perusahaan start-up inovatif Kolibree yang memperkenalkan sebuah sikat gigi canggih. Sikat gigi ini mereka klaim sebagai sikat gigi pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan. Produk baru ini mereka luncurkan sebagai suksesor dari sikat gigi pintar yang sudah lebih dulu mereka pasarkan beberapa tahun lalu.

“Algoritma paten yang mampu belajar sendiri tersematkan langsung di dalam sikat gigi ini menggunakan sebuah prosesor berdaya rendah,” demikian tulis Kolibree di situs perilisannya seperti yang kami kutip dari Engadget. Kelebihan yang paling nampak dari Ara, nama yang diberikan oleh Kolibree untuk sikat gigi canggih ini, adalah kemampuan penyimpanan datanya yang tidak perlu aplikasi tambahan eksternal saat itu juga. Perilaku pengguna sikat gigi ini akan disimpan secara langsung di dalam sikat gigi ini, dan akan disimpan ke aplikasi tambahan di smartphone kapan pun saat Ara disinkronisasikan dengan ponsel tersebut.

image

Ara dilengkapi dengan beberapa sensor gerakan yang akan menyimpan perilaku menyikat gigi sang pengguna. Dengan adanya komponen kecerdasan buatan, Ara akan menganalisa perilaku tersebut dan memberi umpan balik positif seperti jika sang pengguna ternyata berperilaku kurang higienis. Ara akan memberi tahu pemilik sikat gigi melalui aplikasi smartphone atau juga via email mingguan. Inovasi ini menunjukkan bahwa perlindungan kesehatan memang menjadi salah satu lahan untuk berkembangnya teknologi kecerdasan buatan.

Namun demikian apakah sebegitu pentingnya kecerdasan buatan harus sudah disematkan di dalam sebuah sikat gigi? Menjawab pertanyaan tersebut rupanya pihak Kolibree ingin melakukan sebuah studi klinis lebih lanjut untuk melihat bagaimana kecerdasan buatan mampu meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Namun jika siapa saja termasuk Anda tertarik untuk memiliki sikat gigi canggih ini, maka siapkan saja US$79 atau setara dengan sekitar satu juta rupiah untuk harga pre-order Ara hingga bulan Februari nanti. Namun jika masa preorder sudah berakhir dan ada yang ingin memiliki sikat gigi ini, maka Kolibree mematok harga mencapai US$129 atau sekitar Rp 1.750.000,00.

Credit: Engadget, The Verge

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply