Beginilah tampilan mobil listrik Tesla Model 3: interiornya anti-mainstream!

Hari Jumat lalu Elon Musk, sang CEO Tesla, akhirnya meluncurkan sekaligus mendistribusikan 50 mobil pertama Tesla terbaru: Tesla Model 3. Momen yang nampak sangat emosional bagi Musk ini menjadi ajang pertama kalinya tampilan resmi Model 3 ini dipublikasikan kepada khalayak ramai. Mungkin bagian eksterior mobil ini nampak biasa-biasa saja, tapi tunggu setelah Anda melihat interiornya. Sangat tidak biasa; anti-mainstream!

Interior Tesla Model 3 sangat tidak biasa. Bagian dashboard nampak hanya sebuah panel lurus utuh yang sangat sederhana, indah, mewah dengan aksen kayu, modern, tanpa ada konsol odometer dan speedometer. Lubang ventilasi pendingin udara pun tidak nampak secara kasat mata: tersembunyi. Dashboard mobil listrik ini hanya dilengkapi sebuah panel layar sentuh di tengah berukuran 15 inchi. Bahkan layar sentuh ini bukannya terintegrasi dengan panel dashboard, justru ia nampak menonjol keluar. Layar sentuh ini sangat futuristik, tanpa bezel, membuat keindahannya seakan-akan mengalahkan tablet canggih manapun.




Tesla Model 3 memang sudah sejak setahun yang lalu digaungkan kemunculannya oleh sang CEO. Tak hanya fitur-fitur baru dari Tesla, Musk juga sudah menggadang-gadang akan memproduksi mobil listrik murah. Benar saja, Model 3 yang dipatok seharga US$ 35.000, atau sekitar Rp 455 juta, jauh lebih murah dari mobil-mobil Tesla sebelumnya. Tesla model S termurah saja dipatok dengan harga US$ 69.200, sedangkan Model X termurah seharga US$ 83.700. Tentu saja dengan harga yang jauh lebih murah, Tesla sudah bisa diprediksi akan semakin mampu bersaing dengan mobil-mobil petrol konvensional.

Tesla Model 3 dibuat dengan dua varian saja Varian pertama dan yang termurah, memiliki kemampuan jarak tempuh maksimal 350 km dengan akselerasi 5,6 detik dari 0 ke 100 km/jam. Varian kedua memiliki kemampuan jarak tempuh maksimal 500 km, dengan kemampuan akselerasi 5,1 detik dari 0 ke 100 km/jam. Namun tentu saja untuk varian kedua ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal: US$ 44.000. Tertarik meminangnya? Sabar saja dulu, belum ada info resmi kapan mobil futuristik ramah lingkungan ini akan masuk Indonesia.

Credit: The Verge

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply