China sedang membangun sebuah pusat penelitian kuantum terbesar di dunia!

China semakin mengadidaya di dunia sains! Negara ini ingin membangun komputer kuantum dengan kekuatan jutaan kali lebih hebat dari komputer-komputer yang ada di dunia sekarang ini. Pada lahan seluas 37 hektar (hampir 4 juta kaki persegi) di Hefei, Provinsi Anhui, China membangun pusat penelitian kuantum senilai US$ 10 miliar. Berita ini muncul dari video call pertama di dunia yang dibuat melalui komunikasi terenkripsi kuantum serta adanya penyelesaian jalur kabel serat optik kuantum.

Laboratorium Nasional Ilmu Informasi Kuantum, yang dijadwalkan dibuka pada tahun 2020, memiliki dua tujuan penelitian utama: metrologi kuantum dan komputer kuantum. Kedua upaya tersebut akan mendukung upaya pertahanan militer dan nasional, juga inovator sipil.

8FE32B29-F1AD-404B-A0C2-6C25E351227D

Tapi mari kita pahami sebentar. Apa itu metrologi kuantum? Pada dasarnya, metrologi kuantum adalah metode mengukur perubahan kecil gravitasi dan efek fisik lainnya, yang dapat digunakan untuk membangun sistem navigasi mandiri yang sangat akurat. Teknologi ini sangat berguna untuk digunakan pada kendaraan-kendaraan otonom (self-driving vehicle) dan kapal selam, yang tidak perlu bergantung pada GPS atau sinyal navigasi eksternal lainnya yang punya resiko macet atau rusak.

Lalu apa yang dimaksud dengan komputer kuantum? Pan Jianwei, ilmuwan kuantum terkemuka China, mengatakan bahwa komputer kuantum China memiliki tujuan umum utama agar bisa memiliki kekuatan sejuta kali dari semua komputer lain saat ini yang ada di dunia. Di komputer yang kita gunakan saat ini, informasi dikodekan dalam serangkaian bit yang diset sebagai 1 atau 0. Dalam komputer kuantum, bit secara teoritis dapat menahan satu, keduanya, atau beberapa kombinasi dari keadaan ini. Mereka dapat digunakan untuk cepat memecahkan pesan terenkripsi atau memecahkan masalah penelitian yang rumit yang melibatkan apapun dari pemodelan cuaca hingga penelitian fusi dan biomedis, karena bit kuantum memungkinkan perhitungan tertentu yang terjadi satu per satu pada komputer standar terjadi bersamaan.

Pekerjaan ini sejalan dengan dorongan nasional yang lebih luas untuk penelitian dan teknologi kuantum. Keberhasilan satelit kuantum Micius memungkinkan China membangun jaringan kuantum nasional untuk komunikasi militer dan transaksi keuangan. Sistem komunikasi kuantum terbukti mampu melawan penyadapan, karena setiap usaha untuk menguping akan mengubah keadaan kuantum yang terjerat, mengingatkan pengguna. Masa depan teknologi informasi dan keamanan bisa jadi kuantum, dan China memastikannya dalam lingkaran, jika tidak memimpin.

Credit: Popular Science

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply