Cina segera menghentikan produksi dan penjualan mobil-mobil berbahan bakar fosil!

Cina bersiap untuk mengakhiri penjualan dan produksi kendaraan bahan bakar fosil. Negara ini bertujuan untuk menggunakan larangan tersebut sebagai cara untuk mendorong pembuatan mobil listrik lokal.

Berbicara di sebuah forum otomotif pada hari Sabtu, Xin Guobin, Wakil Menteri Industri dan Teknologi Informasi mengatakan bahwa regulasi terkait sedang dibahas untuk proses penghentian penjualan dan produksi kendaraan tersebut.

IMG_2657

Cina adalah pasar mobil terbesar di dunia, dengan lebih dari 28 juta kendaraan terjual di tahun 2016, sebuah angka yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Bloomberg mencatat bahwa Cina telah bekerja untuk mendorong pertumbuhan pasar kendaraan listriknya melalui subsidi dengan tujuan untuk mengurangi emisi karbonnya.

Sebelumnya beberapa negara lain telah mengumumkan niat serupa untuk melarang kendaraan bertenaga bahan bakar fosil: Prancis dan Inggris sama-sama bertujuan untuk melarang penjualan mobil fosil setidaknya pada tahun 2040. Cina sendiri bisa saja menjadi negara Asia pertama yang mengeluarkan larangan penjualan mobil berbahan bakar fosil.

Produsen-produsen mobil juga semakin mengarah ke kendaraan listrik. Volvo misalnya, mengumumkan niatannya untuk hanya memproduksi mobil hibrida listrik atau listrik murni pada tahun 2019. Jaguar dan Land Rover juga berencana untuk hanya memproduksi mobil listrik di tahun 2020. Sementara Aston Martin mengumumkan rencananya untuk benar-benar memroduksi mobil hibrida pada tahun 2025.

Credit: Verge, Bloomberg

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply