Desain Atap Stadion Semakin Memukau! Inilah 17 yang Paling Gila Diantaranya!

Anda penggemar sepakbola? Jika iya, saya yakin Anda sering kali terpukau dengan gaya permainan tim favorit Anda, atau mungkin terpukau oleh skill salah satu pemain favorit Anda. Namun pernahkan Anda terpukau oleh desain stadion yang menjadi venue pertandingan yang sedang Anda nikmati? Saya yakin Anda belum pernah mengalami. Sekedar informasi bagi Anda, teknologi arsitektur dan sipil saat ini sudah sangat berkembang jika dibandingkan dengan satu dekade yang lalu saja. Jika saat ini mungkin kita hanya terpukau dengan kemegahan Stadion Wembley di London atau Stadion Nasional Beijing di Cina yang berbentuk seperti sarang burung, bersiaplah terpukau dengan beberapa desain stadion berikut ini.

Mercedes Benz Stadium, Atlanta, Amerika Serikat

Stadion pertama yang akan memukau Anda, dan menurut saya inilah yang paling memukau, adalah Mercedes Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat. Stadion ini akan menjadi kandang tim sepakbola Atlanta United FC sebagai salah satu peserta Major League Soccer (MLS), serta tim football Atlanta Falcons, peserta National Football League (NFL). Stadion milik Georgia World Congress Center Authority ini mulai dibangun sejak 19 Mei 2014 dan diperkirakan akan selesai pada 2 Juni 2017 mendatang.


Atap stadion ini memiliki bentuk unik yang terinspirasi dari logo tim Atlanta Falcon. Rangka atap menggunakan struktur baja dengan bahan atap tiup berbahan komposit plastik yang super kuat. Satu hal yang menarik dari desain atap stadion ini adalah kemampuannya yang dapat membuka menutup, dengan gerakan yang mirip dengan pupil mata atau juga teknologi iris kamera. Dengan desain atap yang ringan, hanya dibutuhkan waktu kurang dari delapan menit sehingga atap stadion dapat terbuka penuh dari yang sebelumnya tertutup, atau juga sebaliknya dari terbuka ke menutup atap. Selain itu dengan bahan atap yang transparan, cahaya matahari akan tetap dapat masuk ke dalam lapangan stadion sekalipun atap dalam keadaan tertutup. Tak hanya itu, dalam kondisi tertutup logo khas Mercedes Benz berukuran raksasa akan menghiasi atap stadion ini.

Hak atas nama stadion yang sebelumnya bernama New Atlanta Stadium ini, akhirnya pada pertengahan tahun 2015 dibeli oleh produsen mobil mewah Mercedes Benz dengan harga 1,5 Milyar Dollar US. Harga tersebut membuat pabrikan asal Jerman ini berhak menggunakan nama brand terkenal mereka menjadi nama stadion.

Credit: Wired, Wikipedia: Mercedes Benz Stadium, IB Times

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply