Gadget ini akan membuat kamu-kamu yang LDR, bisa merasakan genggamannya dari jauh!

Teknologi memang bisa menjadi solusi dari banyak permasalahan. Bahkan kini persoalan long distance relationship pun dicarikan solusi oleh para ilmuwan. Adalah para ilmuwan dari School of Interactivr Arts and Technology (SIAT) yang berhasil membuat sepasang purwarupa sarung tangan yang jika dipakai oleh sepasang kekasih akan bisa mensimulasikan sentuhan antar tangan meskipun mereka memakai di dua tempat yang berbeda.

Saat seseorang sedang memakai sarung tangan ini, sarung ini akan mengirimkan sinyal ke sarung tangan lain yang sudah digunakan oleh pasangannya. Sarung tangan bernama Flex-N-Feel ini dilengkapi dengan sensor-sensor peraba yang akan membuat pasangan pemakainya dapat merasakan gerakan jari-jari tangan satu sama lain.

IMG_1234

Untuk menangkap gerakan dari tangan pengguna, sarung tangan ini dilengkapi dengan sensor-sensor peraba yang dibuat sendiri oleh para penelitinya. Mereka memasangkan sensor-sensor tersebut di atas tiap-tiap ruas jari. Setiap sensor terhubung dengan mikrokontroler Teensy versi 3.2 sebagai otak dari gadget ini. Sensor-sensor tersebut kemudian dibalut dengan kain dan digabungkan dengan sarung tangan konvensional.

Untuk menghubungkan jari-jari pemakainya, para peneliti ini menggunakan konektifitas nirkabel dari modul Wi-Fi ESP8266. Pada sarung tangan penerima sinyal gerakan, ditanamkan tiga aktuator di sisi telapak dari masing-masing jari. Total ada 12 aktuator untuk satu sarung tangan yang ditempatkan di empat jari selain ibu jari. Aktuator ini akan menciptakan sensasi getaran linier, yang seakan-akan menimbulkan rasa menggeltik di telapak jari pemakainya.

“Pemakai akan bisa melakukan gerakan intim seperti menyentuh wajah, berpegangan tangan, hingga memberi pelukan,” ungkap Profesor Neustaedter, pemimpin penelitian terkait dikutip dari situs Science Daily.

 photo C7795882-738F-4E1D-A804-235EB1E3444A.jpeg

Sarung tangan ini yang masih berupa purwarupa ini hanya dibuat sepasang saja dengan fungsi yang berbeda di keduanya. Satu sarung tangan masih hanya bisa mengirimkan sinyal sentuhan, sedangkan sarung tangan yang lain hanya bisa menerima dan menterjemahkan sinyal yang diterima menjadi simulasi getaran. Belum ada kabar kapan sarung tangan ini akan mulai diproduksi untuk dipasarkan, sebab untuk saat ini Neustaedter beserta timnya masih membuat purwarupa kedua yang dapat saling mengirim dan menerima sinyal gerakan jari si pemakai.

Credit: Science Daily, Samarth Singhal

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply