Gila! 0-100 km/jam hanya dalam 1,9 detik? Mobil ini bakal jadi mobil pabrikan tercepat di dunia!

Elon Musk, sejauh ini belum pernah berhenti memberikan kejutan. Dalam sebuah event kecil, ia mengumumkan sesuatu yang akan membuat CEO Porsche dan Ferrari seakan berhenti bernapas, nampaknya juga Anda. Melalui Tesla, ia akan memproduksi kembali mobil listrik sport yang sebelumnya pernah booming: versi roadster, namun dengan kemampuan yang lebih dahsyat.

Musk mengklaim roadster ini akan berakselerasi dari nol sampai 100 km/jam dalam 1,9 detik, yang jika benar akan membuatnya menjadi yang pertama kalinya sebuah kendaraan produksi memecahkan rekor ambang 2 detik. Dia juga mengatakan Roadster baru ini akan berakselerasi dari 0 sampai 160 kph dalam 4,2 detik, dan akan melibas lintasan drag seperempat mil hanya dalam 8,9 detik.

0FBDAE52-9F84-43B6-A08B-69215B407534

“Ini akan lebih cepat dari jet di sana,” Musk menyindir, saat sebuah pesawat terbang melintas di atas kerumunan yang penuh sesak di fasilitas Tesla di Hawthorne, California.

Hingga saat ini Musk belum mengkonfirmasi berapa kecepatan tertinggi Tesla Roadster ini, namun ia mengisyaratkan bahwa mobil ini akan memiliki top speed “di atas 250 mph.” Sebagai perbandingan, RS Agera besutan Koenigsegg dari Swedia, saat ini memegang rekor dunia pada 277,9 mph, atau sekitar 446 km/jam.

Musk menjelaskan lebih lanjut bahwa Roadster ini akan memiliki baterai 200kwh dengan jarak tempuh kisaran 620 mil per tiap pengisian penuh, atau lebih dari 1.000 kilometer. Sekali lagi, klaim Musk ini akan membuat pabrikan lain hancur berantakan.

“Bayangkan mengemudi ke Los Angeles ke San Francisco, dan kembali, tanpa mengisi ulang”, Musk menggoda seperti yang kamu kutip dari laman The Verge.

Kendaraan ini menggunakan tiga buah motor, satu di depan dan dua di belakang, all-wheel drive dengan sistem torsi kemudi.

“Intinya melakukan ini adalah memberi pukulan keras pada mobil bensin,” kata Musk. Bisa jadi, mengendarai mobil sport turbo-charged, akan terasa seperti balapan dengan mesin uap jadul.




Credit: The Verge

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply