Gurukite.com, Inovasi Anak Negeri di Dunia Edukasi Sekaligus Sosial

Gurukite.com adalah sebuah jasa penyedia guru privat berplatform online pertama di Pontianak  yang dibuat  oleh tiga alumni FKIP Matematika Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Randa Reynaldi, Syarifah Wardatul Fitri, dan Muhammad Ridho pada awal 2016. Kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Porvinsi Kalimantan barat yang bertengger di peringkat ke-29 dari 34 provinsi di Indonesia mendorong Randa, Fitri, dan Ridho untuk berkontribusi memajukan pendidikan di Kalimantan Barat.


Latar Belakang dan Tujuan

Randa mengatakan bahwa latar belakang membuat  gurukite.com karena didorong banyaknya permintaan akan guru privat untuk mengajar mata pelajaran bagi siswa SD hingga SMA di Pontianak. Namun siswa maupun orang tua siswa merasa kesulitan dalam mencari guru privat.

“Berangkat dari kekurangan itu, kami membuat gurukite.com,” ujar Randa.

Tujuan dibuatnya gurukite.com adalah untuk memudahkan pencarian guru privat dan memfasilitasi teman-teman yang ingin menjadi guru privat tapi tidak tau harus mencari lowongan di mana. Ridho menambahkan, gurukite.com  tidak sekedar mengajar  semata, tapi juga berkolaborasi dengan beberapa elemen gerakan sosial bidang pendidikan di Kalbar.

Keunggulan program

Selain mengajar, para guru yang bergabung dengan gurukite.com  juga dapat ikut berkontribusi dalam gerakan sosial tersebut. Bentuknya ada dua, pertama bisa dengan bersedekah dari gaji  para guru yang otomatis dipotong 5 persen. Dana yang terkumpul digunakan  untuk program sosial di sekolah-sekolah tertinggal yang diadakan oleh komunitas pendidikan di Kalbar setiap bulannya. Kedua, para guru juga dapat terjun langsung dengan mengajar di pelosok Kalbar, berpartisipasi langsung dalam program yang diadakan oleh komunitas sosial bidang pendidikan tersebut.

Program yang ditawarkan

Gurukite.com menawarkan jasa layanan guru yang mengajar semua mata pelajaran dari SD hingga SMA. Selain itu, juga ada guru khusus yang mengajar mata pelajaran informal seperti menjahit, mengaji, desain grafis, berenang  dan fotografi.

“Saat ini sudah 200 guru yang bergabung dengan kami,”  Fitri menerangkan.

 photo F7CD0E53-9E7A-40FE-A0EF-A0D4DFE57684.jpg

Keuntungan bagi guru dan siswa

Terdapat 5 keuntungan bergabung menjadi guru di gurukite.com yaitu:

  1. profil guru akan masuk kedalam database guru privat se-Pontianak,
  2. guru bebas menentukan tarif mengajar, 
  3. guru bebas memilih jadwal waktu mengajar, 
  4. guru mendapatkan siswa sesuai dengan domisili mengajar yang guru inginkan, serta 
  5. guru secara otomatis akan berkontribusi dalam gerakan sosial-pendidikan di Kalimnatan Barat.

Sedangkan keuntungan yang diperoleh siswa dalam memilih guru privat di gurukite.com yaitu:

  1. siswa bisa mendapatkan guru berkualitas yang telah tersertifikasi,
  2. siswa bisa mengetahui profil lengkap guru dari mulai identitas, foto, tarif mengajar, jadwal ketersediaan mengajar guru, hingga bidang studi apa saja yang dikuasai oleh guru tersebut,
  3. pada akhir pembelajaran siswa juga bisa memberikan feedback dengan memberi rating dan komentar terhadap cara mengajar guru. Nantinya rating dan komentar tersebut akan secara otomatis muncul di halaman profil guru yang bersangkutan.

 Model Bisnis Gurukite.com

Sistem pembayaran yang diterapkan berkebalikan dari sistem umumnya yg diterapkan oleh lembaga penyedia guru privat yang ada. Sistem yang diterapkan gurukite.com yaitu  para siswa membayar langsung uang kursus ke para guru. Setelah itu, guru yang akan memberi komisinya ke gurukite.com

“Kita ingin menerapkan sistem kepercayaan dalam berelasi serta juga ingin melatih kejujuran para guru,”  Ridho menegaskan.

 photo 8B3B78E9-40A5-46AB-86E3-6BF6CD357C03.jpg

Harga kisaran guru yang tersedia saat ini berkisar dari harga Rp 25.000 – Rp 60.000 untuk satu kali pertemuan. Dari fee tersebut, para guru mendapat 85 persen dari total fee mengajar, sisanya 10 persen  untuk biaya administrasi dan sisanya 5 persen untuk disumbangkan ke program sosial. Di bulan Agustus nanti gurukite.com akan menghadirkan aplikasi di mobile phone.

“Saat ini gurukite.com baru bisa diakses melalui halaman browser. Untuk appsnya baru akan dilaunching pada bulan Agustus,”  Randa menambahkan.

Ke depan, gurukite.com akan menghadirkan beberapa fitur seperti bank soal, kumpulan media pembelajaran, hingga berita-berita seputar pendidikan.

Post Author: Vivi Alhambra

Leave a Reply