Hebat! Teknologi-nano ini mampu menangkap energi dari aktivitas manusia secara efisien!

Sebuah hari di saat ponsel pintar kita ditenagai oleh gerakan swipe jari kita ke permukaan layar ponsel, atau saat bluetooth keyboard kita ditenagai oleh tekanan jari-jari kita terhadap tombol-tombol yang ada, nampaknya tidak lama lagi akan terwujud nyata. Para peneliti dari Michigan State University berhasil mengembangkan sebuah alat yang mampu menangkap energi dari gerakan manusia, dengan hanya menggunakan sebuah alat setipis lapisan film. Dengan menggunakan alat nanogenerator ini, para ilmuwan mampu mengoperasikan sebuah layar sentuh LCD, sekumpulan 20 lampu LED, serta sebuah keyboard fleksibel, hanya dengan tenaga sentuhan atau tekanan jari tanpa bantuan tenaga baterai.

“Kita saat ini sedang menuju alat-alat elektronik mampu-pakai bertenaga gerakan manusia,” ungkap Profesor Nelson Sepulveda pimpinan proyek penelitian ini. “Apa yang saya ramalkan, relatif dalam waktu dekat, adalah kemampuan untuk tidak mengisi ulang ponsel Anda selama seminggu penuh misalnya, karena energi akan didapatkan dari gerakan Anda.”

 photo 68EBEEA0-2C4A-4327-9251-640B88A9CD77.jpg

Proses inovasi ini berawal dari lembaran silikon yang selanjutnya difabrikasi bersama beberapa lapisan bahan ramah lingkungan lain termasuk perak, polyimida, serta polypropylene ferroelectret. Ion ditambahkan ke masing-masing lapisan sehingga alat tersebut berisikan partikel-partikel bermuatan. Energi listrik dihasilkan pada saat alat tersebut terkompresi karena gerakan manusia atau energi mekanik lainnya.

img_0831

Pengembangan alat revolusioner yang dibiayai oleh National Science Foundation ini diberi nama biocompatible ferroelectret nanogenerator atau disingkat FENG. Alat ini sangat tipis, setipis selembar kertas yang dapat diaplikasikan ke berbagai ukuran. Jika alat tersebut digunakan untuk mentenagai lampu LED, dibutuhkan ukuran seluas telapak tangan. Sedangkan untuk sebuah layar sentuh, hanya dibutuhkan FENG selebar ukuran jari kita saja. Jelas sekali bahwa alat ini sangat menjanjikan sebagai cara alternatif untuk menangkap energi mekanika dari berbagai sumber yang selama ini kita abaikan. Apalagi dengan berbagai keunggulannya seperti ringan, fleksibel, ramah lingkungan, murah, serta kuat. Bahkan diluar dugaan, alat ini justru semakin kuat jika disusun berlipat.

“Setiap kali Anda melipatnya, Anda meningkatkan kemampuannya menghasikan tegangan listrik secara eksponensial,” kata Sepulveda. “Anda dapat memulainya dengan lebar yang besar, lalu Anda melipatnya sekali, lalu lagi, dan lagi, hingga sekarang berukuran sangat kecil namun menghasilkan energi lebih besar. Sekarang mungkin menjadi cukup kecil untuk dapat Anda pasangkan ke sol sepatu Anda sehingga dapat menghasilkan energi setiap kali Anda menjejakkan tanah.”

Credit: Science Daily, Science Direct, Michigan State University

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply