http bsi.unpkediri.ac.id tutorial-penggunaan-menu-yudisium-bagi-mahasiswa

Menjelajahi Menu Yudisium di BSI Unpkediri


Tutorial Penggunaan Menu Yudisium bagi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa yang kuliah di BSI Unpkediri, yudisium merupakan agenda penting yang harus dihadapi sebagai tahap akhir sebelum dapat resmi lulus dari program studi. Untuk itu, mahasiswa diharuskan untuk mengenal dengan baik menu yudisium yang terdapat di sistem akademik BSI Unpkediri agar dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik dan akhirnya mendapatkan gelar sarjana.

Menu yudisium di situs BSI Unpkediri terbagi menjadi beberapa sub-menu yang berisi informasi mengenai panduan mengenai yudisium. Mahasiswa dapat menjelajahi menu yudisium tersebut dengan mudah dengan mengakses situs resmi BSI Unpkediri secara online.

Pertama-tama, halaman awal BSI Unpkediri dapat diakses melalui link resmi yang tersedia. Setelah masuk ke halaman awal, Anda dapat memilih menu “Akademik” yang berada di bagian atas halaman. Kemudian akan muncul beberapa opsi akademik. Silakan pilih opsi “Yudisium” yang terdapat di bawah opsi “Akademik”.

Setelah memilih menu “Yudisium”, nantinya akan muncul beberapa opsi yang harus dipilih, tergantung dari peruntukan dari menu tersebut. Mahasiswa dapat memilih salah satu sub-menu yang tersedia, yaitu:

1. Proses Yudisium Online
Setelah memilih sub-menu “Proses Yudisium Online”, mahasiswa akan mendapatkan informasi yang terkait dengan persyaratan yang harus disiapkan untuk merampungkan proses yudisium. Pada sub-menu ini, mahasiswa akan menemukan informasi tentang bagaimana cara dalam melakukan pengajuan yudisium secara online. Tahapan yang harus dilakukan dalam mengajukan yudisium melalui sistem akademik di BSI Unpkediri pun dilengkapi dengan panduan visual agar mahasiswa dapat mengikuti langkah-langkah secara praktis.

Selain itu, pada sub-menu ini, mahasiswa juga dapat menemukan informasi terkait mekanisme pendaftaran sidang skripsi, proses verifikasi administrasi, dan persyaratan-persyaratan lain yang harus dipenuhi agar mendapat izin untuk melangsungkan sidang yudisium. Semua informasi terkait mekanisme sidang yudisium sulit diakses tanpa membaca panduan yang selengkap mungkin pada sub-menu “Proses Yudisium Online” ini.

Dalam menu yudisium, terdapat juga sub-menu “Daftar Peserta Sidang Yudisium”. Pada bagian ini, mahasiswa dapat memeriksa daftar peserta sidang yudisium yang akan dilaksanakan beserta waktu dan tempat pelaksanaan sidang. Hal ini memudahkan mahasiswa dalam merencanakan jadwal kehadiran mereka dalam sidang yudisium.

Setelah Anda memahami menu yudisium di situs BSI Unpkediri, maka proses pengajuan yudisium yang awalnya terlihat sulit akan menjadi lebih mudah. Mahasiswa dapat memahami setiap tahapan secara nyata dan menjalankan proses yudisium secara maksimal.

Cara mengakses Menu Yudisium untuk Mahasiswa


Menu Yudisium

Menu Yudisium adalah sebuah fitur yang akan membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Dalam menu ini, mahasiswa dapat melihat dan memantau progres akademik mereka dari awal hingga akhir. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah cara mengakses menu Yudisium bagi mahasiswa.

Cara mengakses Menu Yudisium

Langkah-Langkah Cara Mengakses Menu Yudisium

Berikut adalah langkah-langkah cara mengakses menu Yudisium bagi mahasiswa:

  1. Buka website resmi universitas atau institusi pendidikan tempat Anda berkuliah, kemudian cari menu “Yudisium” yang tersedia di halaman website tersebut.
  2. Selanjutnya, login ke akun mahasiswa menggunakan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan password yang sudah diberikan saat pertama kali mendaftar menjadi mahasiswa. Setelah berhasil login masuk ke dalam laman dashboard atau halaman utama akun mahasiswa.
  3. Cari menu “Yudisium” yang terletak di sidebar atau menu dropdown yang tersedia di halaman dashboard. Klik saja icon atau link Yudisium maka akan masuk ke dalam Deretan fitur menu Yudisium, seperti: daftar mata kuliah, jadwal sidang, jumlah SKS yang harus diambil, nilai mata kuliah dan masih banyak lagi.
  4. Jika Anda mendapatkan kesulitan, tanyakanlah pada pihak universitas atau institusi pendidikan tempat Anda berkuliah. Biasanya, universitas memiliki help desk atau nomor yang bisa dihubungi saat mengalami masalah dengan website.

Manfaat dari Menu Yudisium bagi Mahasiswa

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menu Yudisium memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Beberapa manfaat tersebut adalah:

  • Membantu mahasiswa dalam mengetahui progres akademik mereka dari awal hingga akhir. Dengan mengetahui progres ini, mahasiswa dapat membuat perencanaan studi yang lebih baik dan lebih tepat sasaran.
  • Memastikan bahwa mahasiswa telah menyelesaikan semua persyaratan yang diperlukan sebelum mengikuti sidang yudisium. Ini sangat penting, karena jika ada persyaratan yang belum terpenuhi maka mahasiswa tidak akan dapat mengikuti sidang yudisium.
  • Memungkinkan mahasiswa untuk melihat skor nilai mereka secara detail.
  • Berguna bagi dosen dan staf administrasi untuk mengawasi dan memastikan proses akademik berjalan dengan baik.

Jadi, itulah beberapa manfaat dari menu Yudisium bagi mahasiswa. Dalam kesimpulan, menu Yudisium adalah sebuah fitur yang sangat penting bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya dengan sukses. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di artikel ini, Anda dapat mengakses menu Yudisium dengan mudah serta memperoleh semua manfaat yang diperoleh dari fitur ini.

Syarat untuk Melakukan Yudisium di BSI Unpkediri


Syarat untuk Melakukan Yudisium di BSI Unpkediri

Yudisium merupakan salah satu syarat akhir yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum diwisuda. Bagi mahasiswa BSI Unpkediri yang ingin melakukan yudisium, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa syarat untuk melakukan yudisium di BSI Unpkediri.

1. Telah menyelesaikan seluruh persyaratan studi

Syarat pertama untuk melakukan yudisium di BSI Unpkediri adalah telah menyelesaikan seluruh persyaratan studi yang telah ditentukan. Persyaratan studi ini dapat berupa lulus semua mata kuliah yang ada di kurikulum jurusan, menyelesaikan tugas akhir, magang atau praktek kerja lapangan, serta memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang memenuhi syarat.

2. Tidak memiliki tunggakan pembayaran

Syarat kedua untuk melakukan yudisium di BSI Unpkediri adalah tidak memiliki tunggakan pembayaran. Tunggakan pembayaran ini dapat berupa biaya kuliah, uang gedung, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan bahwa semua pembayaran telah dilunasi sebelum melakukan yudisium. Bila ada tunggakan pembayaran, mahasiswa harus melunasi terlebih dahulu sebelum diijinkan untuk melakukan yudisium.

3. Mendaftarkan Diri untuk Melakukan Yudisium

Syarat ketiga untuk melakukan yudisium di BSI Unpkediri adalah mendaftarkan diri untuk melakukan yudisium. Mahasiswa dapat mendaftar melalui menu yudisium yang tersedia di website BSI Unpkediri. Berikut ini adalah tutorial cara mendaftar untuk melakukan yudisium di BSI Unpkediri:

Tutorial Penggunaan Menu Yudisium bagi Mahasiswa BSI Unpkediri

a. Buka website https://bsi.unpkediri.ac.id dan klik menu “akademik”.

b. Setelah muncul submenu, pilih menu “yudisium”.

c. Setelah itu, isi formulir pendaftaran yang sudah disediakan. Pastikan bahwa data yang dimasukkan benar dan sesuai.

d. Setelah formulir pendaftaran diisi lengkap, klik submit. Dan, mahasiswa akan menerima notifikasi bahwa pendaftaran sudah berhasil dilakukan.

Jika semua syarat di atas sudah dipenuhi, mahasiswa dapat mengikuti proses yudisium dengan lancar. Jangan lupa untuk datang tepat waktu dan membawa semua persyaratan yang diperlukan, seperti fotokopi KRS, transkip nilai, KTP, dan lain-lain.

Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dan siap melakukan yudisium di BSI Unpkediri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang dalam persiapan menjalani yudisium.

Panduan Pengisian Data di Menu Yudisium


Panduan Pengisian Data di Menu Yudisium

Setelah melakukan prasyarat yang diperlukan, mahasiswa harus mengisi data pada menu yudisium dengan lengkap dan benar. Berikut adalah panduan lengkap pengisian data di menu yudisium bagi mahasiswa Universitas Nusantara Pedidikan:

1. Data Diri Mahasiswa

Menu yudisium terdapat beberapa kolom yang harus diisi oleh mahasiswa. Kolom pertama adalah data diri mahasiswa.

Kolom ini merupakan kolom paling awal dan paling utama yang harus diisi oleh mahasiswa. Pastikan untuk mengisi data diri Anda secara lengkap dan benar, seperti nama lengkap, NIM, tempat dan tanggal lahir, serta alamat lengkap.

Setelah semua kolom terisi, maka lanjutkan ke kolom selanjutnya.

2. Data Pendidikan

Setelah mengisi data diri, langkah selanjutnya adalah mengisi data pendidikan. Kolom pendidikan berisi informasi mengenai program studi yang ditempuh oleh mahasiswa, jenjang pendidikan, dan IPK.

Pilih program studi yang sesuai dengan jurusan yang sedang Anda tempuh. Kemudian, masukkan tingkat pendidikan yang sedang Anda tempuh seperti S1/D3 dengan memilih dari menu dropdown yang tersedia. Terakhir, masukkan IPK Anda sampai dengan semester terakhir.

Jika sudah memasukkan data yang dibutuhkan pada kolom pendidikan, maka lanjutkan ke kolom berikutnya.

3. Data Keuangan

Data keuangan berisi informasi mengenai status pembayaran SPP mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa telah membayar SPP dan telah memenuhi kewajibannya sebagai mahasiswa.

Isilah kolom ini dengan data tentang SPP yang Anda bayarkan hingga semester terakhir. Jika Anda memiliki tunggakan, maka Anda harus membayarnya terlebih dahulu sebelum mengisi data pada kolom ini.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali data yang sudah diisi dengan benar sebelum melanjutkan ke kolom terakhir.

4. Data Beban Studi

Beban Studi

Data beban studi ini berisi informasi tentang mata kuliah yang sudah atau sedang Anda tempuh. Penting untuk diisi dengan benar, karena ini menunjukkan bahwa Anda telah menyelesaikan seluruh beban studi yang telah Anda ambil selama kuliah di universitas.

Anda dapat memilih mata kuliah yang sudah lulus atau sedang diambil pada semester terakhir dengan cara klik tombol add course dan pilih mata kuliah yang sesuai. Centang kolom yang ada pada sebelah kiri untuk memberikan tanda bahwa mata kuliah sudah diambil dan lulus, kemudian klik tombol simpan.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali data beban studi yang sudah Anda isi untuk memastikan bahwa Anda telah memasukkan seluruh mata kuliah yang telah diambil.

Dengan mengisi data pada menu yudisium dengan lengkap dan benar, mahasiswa telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti yudisium dan melanjutkan proses kelulusan dari program studi yang sedang ditempuh.

Tahapan Seleksi dan Persetujuan Pada Menu Yudisium di BSI Unpkediri


Yudisium Unpkediri

Bagi mahasiswa BSI Unpkediri, yudisium merupakan salah satu tahap penting dalam menyelesaikan kuliah. Proses yudisium ini harus diikuti oleh mahasiswa yang ingin memperoleh gelar sarjana. Namun, tahapannya dapat membingungkan bagi beberapa mahasiswa. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail tentang tahapan seleksi dan persetujuan pada menu yudisium di BSI Unpkediri.

1. Seleksi Administrasi

Seleksi Administrasi

Tahapan pertama adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini, mahasiswa harus mengajukan permohonan yudisium secara online dengan mengakses Portal AKADEMIK BSI Unpkediri. Mahasiswa harus melengkapi dokumen persyaratan yudisium. Persyaratan administrasi yang dimaksud antara lain transkrip nilai, KRS yang sudah disetujui, surat keterangan bebas perlengkapan kampus, serta bukti pembayaran biaya yudisium. Setelah itu, pihak jurusan akan melakukan verifikasi dokumen yang telah diupload.

2. Seleksi Bimbingan Akademik

Seleksi Bimbingan Akademik

Tahapan selanjutnya adalah seleksi bimbingan akademik. Pada tahap ini, mahasiswa hendaknya sudah memiliki dosen pembimbing yang menunjukkan bahwa seluruh mata kuliah telah selesai dan telah disetujui oleh dosen tersebut. Mahasiswa harus mengunggah surat persetujuan bimbingan akademik dari dosen pembimbing pada portal yang sama. Yang penting dari tahap ini adalah disposisi kemampuan dari pembimbing ke ketua jurusan tentang kelulusan workshop dan KSN.

3. Seleksi Workshop dan KSN

Seleksi Workshop dan KSN

Tahapan ketiga adalah seleksi Workshop dan KSN. Pada tahap ini, mahasiswa harus mengikuti Workshop dan KSN (Karya Tulis Ilmiah) yang diadakan oleh jurusan sebagai syarat dalam menyelesaikan tugas akhir. Setelah berhasil mengikuti workshop dan menyelesaikan tugas akhir, mahasiswa wajib menyerahkan KSN yang sudah disetujui oleh dosen pembimbing kepada pihak jurusan.

4. Seleksi Ujian Skripsi

Seleksi Ujian Skripsi

Tahapan selanjutnya adalah seleksi ujian skripsi. Pada tahap ini, mahasiswa harus mengikuti sidang yudisium dan ujian skripsi di hadapan dosen penguji. Sidang yudisium berisi materi tentang penjelasan tentang tugas akhir baik ringkasan, hasil yang diperoleh, batasan, saran dan kritik. Jika dosen penguji menyatakan mahasiswa lulus, maka tahap persetujuan menu yudisium dianggap lolos dan mahasiswa resmi menjadi alumni BSI Unpkediri.

5. Seleksi Penandatanganan

Seleksi Penandatanganan

Tahapan kelima adalah seleksi penandatanganan. Pada tahap ini, mahasiswa telah dinyatakan lulus dan harus menandatangani surat keterangan bahwa telah mengikuti yudisium dan telah dinyatakan lulus. Setelah tanda tangan, maka mahasiswa akan mendapatkan ijazah dan transkrip nilai sebagai bukti kelulusannya.

Itulah beberapa tahapan seleksi dan persetujuan pada menu yudisium di BSI Unpkediri yang perlu dipahami oleh mahasiswa. Mahasiswa perlu mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi tahap-tahap tersebut agar yudisium bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *