Ilmuwan berhasil membuat alat ‘Pemecah Gigi’ untuk mengambil Stem Cell

Gigi rusak yang akan membuat Anda senang jika bisa Anda hilangkan, ternyata merupakan sumber sel induk (stem cell) yang bisa menyelamatkan nyawa Anda. Namun, tidak mudah untuk mengambil sel tersebut karena ia banyak terkandung di dalam akar-akar gigi. Pengeboran ke gigi akan menghasilkan panas yang merusak, serta akan menurunkan jumlah sel yang dapat dipanen. Selain itu, air yang digunakan untuk membilas gigi bisa memiliki unsur korosif dan partikel enamel dari pengeboran dapat mencemari pulp. Untuk mengatasi masalah itu, tim peneliti dari University of Nevada di Las Vegas telah mengembangkan sebuah alat yang mereka sebut “Tooth Cracker 5000” untuk mengekstrak 80 persen sel induk yang mengandung pulp di dalam gigi.

“Tooth Cracker 5000” memiliki penjepit yang memegang gigi di tempatnya, sementara pisau dengan hati-hati memecahkannya. Metode ini tidak merusak atau mencemari pulp. Tim peneliti membuktikan bahwa teknik ini efektif dengan mengujinya pada 25 sampel gigi dan mencapai tingkat keberhasilan 100 persen. Para ilmuwan mampu memanen 80 persen sel induk sampel pulp, yang empat kali lebih banyak dari yang biasa Anda ekstrak dari pulp yang diekstraksi dengan pengeboran atau penghancuran gigi.

dims



Dr. James Mah, pemimpin tim dan direktur program pendidikan lanjutan UNLV di bidang orthodonsi, dilansir dari situs Engadget mengatakan:

“Kami menyadari bahwa kami telah menemukan proses ekstraksi yang menghasilkan empat kali tingkat keberhasilan pemulihan untuk sel induk yang layak. Potensi pengaplikasiannya sungguh sangat besar.”

Sel induk, seperti yang Anda tahu, bisa berubah menjadi sel lain dan berpotensi untuk digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit. Mereka bisa berubah menjadi neuron, misalnya, dan digunakan untuk mengobati orang-orang yang menderita Alzheimer atau Parkinson. Mereka juga bisa berubah menjadi sel yang memproduksi insulin untuk penderita diabetes. Kebanyakan terapi sel induk masih eksperimental. Itulah sebabnya langkah selanjutnya bagi Dr. Mah dan timnya berkaitan dengan metode baru ini adalah mengembangkan proses kriogenik untuk membekukan sel induk yang diambil dari gigi untuk penggunaan lebih lanjut di masa depan.

Credit: Engadget

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply