India menjadi negara kedua di dunia yang siap membangun Hyperloop, moda transportasi massal masa depan!

Pesona moda transportasi futuristik hyperloop tak hanya berhenti di negara kaya minyak sekelas Dubai saja. Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua dengan luas wilayah terbesar ketujuh di dunia yakni India, juga siap untuk membangun hyperloop. Hal tersebut ditandai dengan diadakannya Hyperloop One Vision for India (HOVI) kemarin di Delhi, India.

Hyperloop One mengadakan HOVI dengan sekaligus mengumumkan finalis Hyperloop One Global Challenge (HOGC). HOGC merupakan sebuah kompetisi konsep jaringan hyperloop di India yang dihelat atas kerjasama antara Hyperloop One dengan pemerintah India. Melalui kompetisi ini, pemerintah India mengharapkan ada ide-ide yang masuk dari siapapun saja mengenai konsep jaringan hyperloop di India. Hyperloop diharapkan mampu menjadi alternatif modern atas transportasi massal dan kargo.

Telah masuk lebih dari 2600 kontestan dari 90 negara yang telah mengirimkan ide mereka ke HOGC. Dari jumlah tersebut, India menjadi negara dengan partisipan terbanyak. Jumlah tersebut kemudian mengerucut hingga menjadi 35 semifinalis, dan hanya tinggal lima semifinalis saja yang berasal dari India. Kelima semifinalis asal India tersebut yakni AECOM, LUX Hyperloop Network, Dinclix GroundWorks, Hyperloop India, serta Infi-Alpha. Kesemuanya telah mengusulkan konsep jalur hyperloop yang dianggap paling efisien menurut mereka.

IMG_1460

Tahap selanjutnya Hyperloop One sedang mengadakan sebuah survey online mengenai lima jalur hyperloop yang paling difavoritkan oleh masyarakat India. Kelima jalur tersebut yakni Bengaluru-Chennai (334 km dalam 20 menit), Bengaluru-Thiruvananthapuram (736 km dalam 41 menit), Delhi-Mumbai via Jaipur dan Indore (1.317 km in 55 menit), Mumbai-Chennai via Bengaluru (1.102 km 50 menit), dan Bengaluru-Chennai: 334 km dalam 20 menit). Bisa saja hasil survey ini nantinya akan menentukan jalur mana yang paling krusial untuk dibangun jaringan hyperloop terlebih dahulu.

“Kami melihat ini semua (teknologi baru) secara tajam dan kami bekerja untuk memodernisasi jalur kereta api India,” ungkap Suresh Prabhu selaku Menteri Kereta Api India dikutip dari situs India Today. Ia juga mengungkapkan bahwa pemerintahan India bersifat transparan dan teliti dalam setiap proses tender proyek transportasi mereka.

Dipihak lain Rob Lloyd, CEO Hyperloop One mengatakan “Hyperloop One akan membantu meningkatan pertumbuhan infrastruktur penting India yang sustainable baik di sisi finansial maupun lingkungan. Kami sjap bekerja bersama pemerintahan seluruh dunia dalam proyek transportasi massal, dan kami harap bisa berpartner dengan India untuk mendukung pekerjaan ini.”

Hyperloop menjadi sebuah inovasi sistem transportasi massal penting semenjak Elon Musk mencetuskan ide ini. Dengan konsep perjalanan darat kecepatan tinggi di dalam pipa vakum raksasa, membuat banyak pihak berlomba-lomba mewujudkan hyperloop menjadi nyata. Namun hingga saat ini, hanya Hyperloop One yang sudah jauh melangkah dengan berbagai gebrakannya. Mega-proyek hyperloop di Dubai menjadi sebuah tonggak penting kemajuan teknologi hyperloop. Dan nampaknya, India adalah yang selanjutnya.

Credit: News18, India Today

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply