Inikah fitur Apple Watch di masa depan: gelang jam tangan yang bisa mengencang sendiri?

Apple telah mendapatkan hak paten baru untuk berbagai jenis gelang Apple Watch yang mampu menyesuaikan ukurannya sendiri. Gelang jam tangan tersebut secara otomatis dapat mengencangkan atau melonggarkan agar sesuai dengan pergelangan tangan Anda.

Dilansir dari The Verge paten tersebut secara resmi memiliki nomor Paten AS No. 9.781.984, dengan judul “Dynamic fit adjustment for wearable electronic devices“. Apple nampaknya tertarik pada sistem dimana pengguna dapat secara elektronik menyesuaikan keketatan atau kelonggaran arloji mereka, baik secara manual atau otomatis sesuai dengan data biometrik dari Apple Watch.

Screen_Shot_2017_10_10_at_9.22.26_AM.0.png

Ada beberapa cara yang diusulkan agar paten tersebut dapat diimplementasikan secara fisik, seperti menggunakan jaringan kabel yang dapat menyimpan memori bentuk (seperti Nitinol) yang dapat mengendur atau berkontraksi berdasarkan sinyal listrik; menggunakan rongga yang diisi cairan atau gas; sesuatu yang bisa ditarik kembali ke dalam bodi jam; atau pelebaran ukuran casing jam sehingga bisa menyesuaikan ukuran lengan pemakainya.

Paten dari Apple ini bisa saja menjadi teknologi masa depan yang akan diterapkan di salah satu produk mereka Apple Watch. Mengingat fitur otomatis semacam ini sangat menarik jika memang bisa menjadi kenyataan seperti halnya pada produk sepatu Nike edisi Back to the Future.

Namun satu hal yang perlu diingat adalah tidak semua paten yang didaftarkan oleh Apple mampu – atau setidaknya belum – mereka terapkan ke dalam produk-produk mereka. Sebagai contoh adalah paten mereka tentang sensor sidik jari yang langsung disematkan di layar ponsel pintar. Saya sempat mengira teknologi ini akan diterapkan oleh Apple di produk iPhone X mereka. Namun ternyata tidak.

Credit: US Patent, The Verge

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply