Inilah penerbangan perdana helikopter tenaga surya pertama di dunia!

Belum lepas dari ingatan kita, beberapa bulan yang lalu , sebuah pesawat terbang tenaga matahari berhasil menyelesaikan misinya untuk mengelilingi Bumi. Kali ini inovasi kendaraan terbang tenaga surya berlanjut dengan dicatatnya sejarah baru: penerbangan berpilot pertama di dunia dalam sejarah helikopter bertenaga surya.

Satu tim alumni University of Maryland, , Amerika Serikat membangun sebuah helikopter dengan empat baling-baling selayaknya mainan drone quapcopter pada umumnya. Alih-alih menggunakan mesin berbahan bakar minyak, mereka menggunakan panel surya untuk menangkap energi sinar matahari dan mengonversikannya menjadi energi listrik. Energi listrik yang terbangkitkan digunakan untuk memutar motor baling-baling helikopter. Sejarah berhasil mereka catatkan karena berhasil menerbangkan helikopter tersebut selama sembilan detik dengan ketinggian sekitar satu kaki di atas permukaan tanah. Sebagai perbandingan saja, Wright bersaudara berhasil menerbangkan pesawat buatan mereka selama hanya 12 detik saja.

image

Tim yang pada tahun 2013 lalu juga berhasil menerbangkan quadcopter bertenaga matahari ini, sebelumnya juga sempat mencatatkan sejarah untuk menerbangkan helikopter bertenaga manusia terlama di dunia. Lelah dengan hal tersebut akhirnya mereka membuat helikopter bertenaga matahari, dengan hanya sedikit merubah desain sebelumnya namun tentu saja dengan lebih sedikit kerja kaki pilotnya.

“Proyek ini telah melalui perjalanan jauh selama enam atau tujuh tahun dari tenaga manusia hingga tenaga surya,” ungkap kandidat PhD dari University of Maryland William Staruk dikutip dari Popular Science. “Maka kami memecah batasan semua rintangan dengan helikopter ini, dan kami sangat bangga dengan pekerjaan kami di University of Maryland.”

 photo F8A1C962-D9E3-4F98-875D-B0B872E1131E.gif

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply