Janji Elon Musk terpenuhi: Charger Robot Ular Tesla!

Apakah Anda ingat momen ketika Elon Musk, seorang miliarder teknologi pemilik perusahaan luar angkasa Space X dan perusahaan mobil elektrik Tesla, mengatakan bahwa Tesla sedang berusaha mewujudkan charger mobil yang mampu bergerak keluar dari dinding seperti seekor ular yang menggeliat mencari mangsanya? Ternyata prototype robot “charger ular” ini telah berhasil diwujudkan beberapa hari lalu. Prototype ini sangat mengesankan karena mampu bergerak sendiri dengan dipandu oleh semacam sensor sehingga mampu menemukan lubang charger pada sebuah mobil listrik Tesla. 
 photo IMG_4353.jpg

Tesla telah mengunggah sebuah video yang menggambarkan betapa robot ular ini mampu meliuk-liuk mencari lubang charger. Sangat mengesankan sekaligus mengerikan bagi sebagian orang. Tentunya cukup mengerikan bagi sebagian orang yang membayangkan robot ular bergerak secara otomatis menuju mobil Anda. 

Walau Elon Musk tidak secara jelas mengatakan kapan charger ini dapat diaplikasikan secara masal, bagaimanapun ini adalah jawaban bagi masa depan. Jawaban bagi kita semua, mengingat di masa depan, bahkan beberapa tahun dari sekarang, mobil listrik diramalkan menjadi alat transportasi utama seiring dengan menipisnya bahan bakar fosil.
 photo IMG_4354.jpg

Mobil listrik merupakan jawaban bagi lingkungan kita di masa depan. Mobil listrik bebas polusi udara sehingga perubahan iklim global dapat dicegah, paling tidak diperlambat. Mobil listrik juga tidak menimbulkan kebisingan sehingga memenuhi apa yang menjadi salah satu persyaratan bagi lalu lintas modern di masa depan. 

Sekilas mengenai Tesla. Tesla adalah sebuah perusahaan otomotif yang mengkhususkan diri untuk mengembangkan mobil listrik. Tesla mengambil namanya dari Nikola Tesla, seorang ilmuwan penemu konsep motor yang bekerja berasaskan pada induksi medan magnetik. Tesla didirikan 12 tahun lalu tepatnya pada bulan Juli 2003.
 photo IMG_4355.jpg

Sebagai info bagi Anda, per Januari 2015 lalu, Tesla telah mengekspor produk mobil listriknya, yakni Tesla model S, ke Indonesia. Mobil-mobil produksi Tesla ini dijual di berbagai dealer mobil mewah di tanah air. Salah satu dealer mobil yang menjual mobil Tesla adalah Prestige Image Motorcars yang bertempat di Jakarta. Tentunya mobil listrik Tesla dijual dengan harga yang sangat mahal bagi sebagian besar penduduk Indonesia, yaitu berkisar diatas 1 miliar rupiah karena harga mobil Tesla model S di Amerika berkisar 900 juta rupiah. Dengan perkiraan besar pajak barang mewah luar negeri, tentunya mobil Tesla model S bakal dijual dengan harga diatas 1 miliar rupiah. 

Credit: Wikipedia: Tesla Motors, Techtimes, Techinasia.

Post Author: Todo Golo

Penulis profesional di bidang sains dan teknologi.

Leave a Reply