Mobil Honda ini akan balapan sambil saling mengobrol via 5G!

Mobil yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan ini akan berbicara satu sama lain melalui jaringan 5G di sebuah arena balap di Jepang. Adalah provider jaringan terbesar di Jepang, Softbank, yang berkolaborasi dengan Honda untuk membuat sebuah purwarupa mobil pintar. Mobil pintar tanpa sopir ini nantinya akan digunakan sekaligus untuk menguji coba jaringan 5G miliki Softbank. Uniknya, mobil-mobil ini akan dibuat saling berlomba di lintasan balap kecil sambil saling berkomunikasi satu sama lain via jaringan 5G tersebut.

Seiring dengan kompetitornya NTT Docomo dan KDDI, SoftBank tengah menguji jaringan 5G di Jepang, dengan target akan memulai layanannya di tahun 2020. Namun sebelum itu, Softbank akan menguji seberapa baik mobil Honda dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan 5G-nya. Sebuah cara uji coba yang cukup unik. Mulai tahun 2018, SoftBank akan memasang stasiun pemancar 5G di sebuah lahan uji coba tertutup Takasu Proving Ground di Hokkaido, Jepang. Sebuah sirkuit melingkar 6,8 km akan digunakan sebagai lintasan balap mobil pintar Honda. Di lintasan inilah mereka akan berbicara melalui jaringan nirkabel sambil melaju kencang.

dims-2

Kedua perusahaan akan memantau hasil uji coba ini untuk mengembangkan teknologi dan antena on-board kendaraan. Selain itu, percobaan ini akan memungkinkan SoftBank untuk menguji sinyal 5G di lingkungan pedesaan – sejauh ini percobaannya lebih banyak dilakukan di perkotaan.

Softbank bersama Honda bukan kali pertama saling bekerja sama. Buah dari kolaborasi mereka mulai muncul sejak lahirnya mobil dengan kecerdasan buatan NeuV, serta sebuah mobil listrik konsep Sports EV. Honda sendiri menargetkan akan memproduksi masal mobil listrik tanpa sopir setidaknya di tahun 2025.

Saat ini SoftBank nampak sedang getol-getolnya melakukan investasi di berbagai sektor. Termasuk taksi Grab di Singapore (yang juga mengandalkan Honda sebagai pendukung), India Ola, Didi China, dan sekarang Uber. Kita tahu bahwa Uber juga menguji mobil tanpa sopir di negara-negara tertentu di AS. Tentu saja, teknologi mobil pintar yang beroperasi di jaringan nirkabel cepat akan memenangkan perlombaan mobil tanpa sopir ini. Maka pada gilirannya, SoftBank akan memanen hasil investasi mereka.

Credit: Engadget

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply