Perkenalkan Hello AL, aplikasi mobile all in one dengan satu hal yang membuatnya sangat spesial: Kecerdasan Buatan!

Jika Anda pengguna ponsel pintar tentu Anda tidak asing lagi dengan keberadaan berbagai macam aplikasi mobile. Mulai dari aplikasi social media, peta petunjuk perjalanan (GPS), chatting, resep memasak, aplikasi diskusi komunitas, aplikasi perkantoran, dan lain sebagainya dibuat untuk memudahkan banyak sekali pekerjaan kita. Lalu bagaimana jika semua aplikasi yang saya sebutkan tadi digabungkan menjadi satu aplikasi saja, ditambah dengan sebuah fitur antarmuka canggih berbasis kecerdasan buatan?

Hal inilah yang berusaha ditawarkan oleh Hello AL, sebuah aplikasi all in one place yang dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan. Adalah Ezy Industries, pengembang aplikasi Hello AL yang berkantor pusat di kota Malang, ya Malang – Jawa Timur dan bukan Silicon Valley – California yang kita kenal menjadi ‘kampung’ perusahaan-perusahaan start-up di bidang teknologi sekelas Apple, Facebook, dan Google. Mendengar fitur kecerdasan buatan yang ditawarkan oleh aplikasi Hello AL memang sekilas seperti aplikasi ini dibuat oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar asal Silicon Valley. Namun siapa sangka aplikasi canggih ini justru dibuat oleh anak negeri. Simak saja bagaimana canggihnya si AL menjawab beberapa pertanyaan berikut.

 photo 3B8FE64F-2337-41B0-95FC-7D0DCB35D003.jpg
Kemampuan robot AL

Nampak sekilas pada tampilan antarmuka Hello AL di atas, bahwa Anda dapat belajar apapun dari AL. Mulai dari ilmu informatika hingga memasak akan dijawab dengan lancar oleh AL. Tak hanya itu, pada salah satu fitur jejaring sosial yang ada pada aplikasi ini, Anda dapat bertanya kepada AL apakah berita yang dibagikan oleh teman Anda valid atau hoax. Tentu ini sebuah terobosan hebat yang akan mampu bersaing ketat dengan jejaring-jejaring sosial lain yang lebih populer semacam Facebook dan Twitter. Seperti yang kita tahu selama ini, kedua jejaring sosial tersebut sangat rentan dengan penyebaran berita-berita hoax yang kurang terfilter.

Tak hanya jejaring sosial, Hello AL juga berisikan berbagai macam fitur yang sedang populer di dunia maya saat ini. Berbagai macam bisnis lokal dapat mendaftar di aplikasi ini untuk mendapatkan semacam kantor virtual. Dengan aplikasi peta berbasis GPS, alamat kantor yang terdaftar akan masuk ke basis data peta tersebut. Sebagai contoh Anda mendaftarkan alamat cafe Anda ke Hello AL, sekaligus Anda ingin mengiklankan cafe Anda tersebut di aplikasi ini, maka saat pengguna lain bertanya ke AL apakah ada tempat nongkrong menarik di sekitar lokasi cafe Anda, maka AL akan secara otomatis merekomendasikan cafe Anda tersebut. Di sinilah kekuatan aplikasi Hello AL yang ingin ditawarkan oleh Ezy Industries.

 photo 575B0E18-0BEB-4E04-8194-17E933A47ED6.jpg
Fitur-fitur Hello AL

Jika Anda mengenal Kickstarter, sebuah situs terkenal yang mendukung para inovator memproduksi massal barang inovasinya, maka Hello AL juga menawarkan fitur penggalangan dana ala Kickstarter tersebut. Para inovator dapat menawarkan barang inovasinya melalui aplikasi ini. Dan nantinya, pengembang akan bekerjasama dengan jaringan minimarket di seluruh Indonesia untuk ikut mendukung fitur penggalangan dana ini.

“Melalui fitur crowdfunding ini, kami ingin menjadikan kota Malang menjadi Silicon Valley-nya Indonesia,” demikian ungkap Muhammad Iskandar Zulkarnain, CEO Ezy Industries, di sela-sela peluncuran aplikasi Hello AL versi beta semalam di kota Malang. Edoo, panggilan akrab sang CEO, nampak ingin mengajak semua orang kreatif di negeri ini untuk terus berkarya dan mewujudkan ide-ide kreatif mereka.

“Jika Anda penggemar film Iron Man, maka AL akan mirip dengan Jarvis milik Tony Stark. Ia bisa mematikan atau menyalakan lampu rumah Anda. Mencarikan jawaban PR Anda. Dan menurut saya, ia akan lebih pintar daripada Jarvis,” imbuh Edoo mengklaim kecanggihan AL.

 photo 1D8B86E2-0A53-4387-BF96-9120731ECB47.jpg
Suasana peluncuran Hello AL semalam

Sekalipun telah diluncurkan semalam, Anda masih harus sedikit bersabar untuk ikut menikmatinya. Untuk iOS, Hello AL akan hadir ke iPhone dan iPad Anda pada 20 Januari 2017 mendatang. Namun untuk para pengguna Android, Edoo berjanji akan menghadirkannya lebih cepat.

 photo F6629407-7879-495F-85CD-85B9CA9EF97C.jpg
Tanggapan positif salah satu audience

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply