Revolusioner! Inilah gawai kacamata Mixed Reality pesaing Hololens, yang siap mengguncang dunia: Magic Leap One!

Mixed Reality, dipopulerkan oleh Microsoft dengan Hololens-nya, semakin menggebrak arah kemajuan dunia teknologi virtual. Adalah Magic Leap, yang telah menciptakan sebuah gawai pesaing Microsoft Hololens dan diberi nama Magic Leap One. Beberapa fitur dari Magic Leap One terungkap berhasil menyalip Microsoft Hololens. Diantaranya adalah desain frame kacamata yang melingkari lensa utama, serta ikat kacamata yang didesain melingkari kepala Anda, membuat gawai ini cocok dipakai untuk kebutuhan yang lebih ekstrim. Lalu dukungan audio serta sebuah kontrol tangan yang membuat keleluasaan pengendalian gawai. Jelas ini sebuah lompatan yang besar!

Mixed Reality (MR) merupakan gabungan dari teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), dimana Anda akan melihat sebuah dunia buatan yang nampak lebih nyata karena virtualisasi buatan tersebut disematkan secara cerdas masuk ke lingkungan sekitar yang sedang Anda lihat. Teknologi ini menggunakan kaca proyektor sebagai komponen utama untuk menampilkan dunia buatan sehingga nampak nyata tergabung dengan dunia nyata. Tak seperti permainan Pokemon Go yang mana Anda harus terus melihat Pokemon sasaran Anda di layar smartphone, MR lebih membebaskan Anda dengan layar semacam ini karena Anda seakan hanya memakai sebuah kacamata berproyektor. Lebih praktis! Dan tentu saja keren!

Magic Leap One

Magic Leap One dilengkapi dengan beberapa kamera yang berfungsi untuk memindai pergerakan pemakai, serta pemetaan ruang sekitar. Yang menarik dari gawai ini adalah tidak dibutuhkannya bantuan komputer atau gawai lain, untuk mengoperasikan Magic Leap One. Itu artinya semua kamera dan sensor-sensor yang lain bekerja mandiri, dan membuat penggunaan gawai ini lebih praktis. Microsoft Hololens kalah dalam hal ini!

Kelebihan lain dari Magic Leap One dibandingkan dengan Hololens, seperti yang kami lansir dari CNET, adalah penampilan holografisnya yang menggunakan teknologi yang disebut Light Field Display.

Apa itu Light Field Display?

Light Field Display adalah sebuah teknologi untuk menampilkan visual hologram di lensa Magic Leap One, sehingga tampilan 3 dimensinya nampak utuh dan fokus untuk ditangkap oleh retina mata selayaknya obyek nyata sebenarnya.

Belum ada rilis resmi bagaimana spesifikasi detail dari Magic Leap One ini, pun juga mengenai harganya. Namun Magic Leap sudah mengancang-ancang akan memasarkan produk mereka di 2018 nanti. Kita tunggu saja!




Visualisasi Tampilan Mixed Reality
Visualisasi Tampilan Mixed Reality

Credit: CNET

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply