Robot ular ini mampu mengelas pipa kecil dari dalam dengan menggunakan teknologi laser!

Hampir semua industri besar akan melibatkan pipa-pipa baja sebagai salah satu komponen mesinnya. Entah itu pabrik makanan, pabrik kimia, hingga industri energi, selalu menggunakan pipa-pipa yang terkadang memiliki jalur yang rumit serta tersembunyi di suatu tempat yang sangat sulit dijangkau oleh manusia. Jika suatu saat pipa tersebut mengalami kebocoran, tak jarang perusahaan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar hanya karena harus membongkar bagian sana dan sini sehingga sang welder dapat mengakses pipa rusak tersebut untuk melakukan perbaikan. Namun bagaimana jika, pekerjaan tersebut dapat dilakukan oleh sebuah robot ular yang akan masuk menyusuri pipa sempit itu, serta mengelas pipa dari sisi dalam? Tentu ini sebuah terobosan baik di dunia teknik pengelasan.

Robot ular sudah sangat tidak asing lagi bagi dunia modern. Robot ini sudah banyak dipergunakan sebagai alat bantu evakuasi, dunia pembedahan, serta mesin industri. Namun sangat disayangkan robot ular belum banyak dikombinasikan dengan teknologi laser untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Inilah yang ingin dikembangkan oleh OC Robotics, sebuah perusahaan robotika bersama dengan The Welding Institute yang sama-sama berkantor pusat di Inggris, untuk membuat sebuah robot ular yang sekaligus memiliki kepala bersenjatakan laser yang siap untuk melakukan pengelasan pipa. Mengapa dipilih membentuk ular adalah karena untuk meencapai fleksibilitas tinggi sehingga dapat menjangkau kedalaman pipa sempit yang tidak mungkin dapat dijangkau oleh manusia dengan mudah.


Berikut adalah kutipan pernyataan dari OC Robotics:

Industri modern membutuhkan perawatan berkala untuk mengganti pipa yang sudah rusak. Sebagai hasil dari tantangan tata ruang, ruang tertutup dan akses dari luar yang terbatas membuat proses pemotongan orbital eksternal serta proses pengelasan menjadi tidak mudah pada berbagai aplikasi, dan konsekuensinya, proses pengelasan dengan sistem in-bore (dari dalam) secara otomatis menjadi menarik dalam beberapa tahun terakhir.

Tujuan dari proyek Pipa Laser ini adalah untuk mengembangkan sistem teknologi pengelasan laser in-bore yang kompak, serta menginvestigasi prosedur posisional proses pengelasan. Kepala sistem laser akan diintegrasikan dengan lengan robot ular, untuk mendemonstrasikan proses pencarian titik pengelasan dari jarak jauh (remote), alignment sinar laser, serta pengelasan laser in-bore. Konsep ini juga dapat digunakan untuk proses pemotongan pipa secara in-bore.

Nampak pada video yang diunggah oleh OC Robotics ke situs Youtube, robot ular ini akan melakukan serangkaian proses secara remote atau menggunakan kontrol jarak jauh. Pertama yang dilakukan oleh robot ini adalah mengidentifikasi lokasi pengelasan pipa. Kedua, kepala robot yang memiliki senjata laser akan melakukan proses alignment yaitu mengukur secara tepat kebulatan sambungan pipa sehingga laser akan tepat sasaran pada saat menyambung pipa. Tahap selanjutnya adalah melakukan pengelasan laser dari dalam (in-bore) dengan kemampuan kecepatan las mencapai satu meter sambungan tiap satu menitnya.

Berikut adalah video demonstrasi robot ular tersebut:

Credit: Popular Science, OC Robotics

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply