Rumah Ecocapsule, memungkinkan Anda tinggal dimanapun tanpa supply listrik jaringan!

Berpetualang ke alam bebas telah menjadi hobi banyak orang dan bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi mereka. Gaya hidup semacam ini didukung oleh salah satu perusahaan arsitek asal Slovakia dengan mendesain hunian kapsul ramah lingkungan. Nice Architects mendesain sebuah rumah kapsul yang dilengkapi dengan panel surya, generator listrik tenaga angin, serta penadah air hujan. 

 photo IMG_3885.jpg

Sistem pembangkitan listrik rumah kapsul yang diberi nama Ecocapsule ini memungkinkan pemiliknya tinggal di tempat yang tidak teraliri listrik. Ecocapsule dibekali dengan sebuah generator listrik tenaga angin berkapasitas listrik 750watt. Atap Ecocapsule dilapisi dengan panel surya yang mampu membangkitkan listrik 600watt. Ditambah dukungan sebuah baterai berkapasitas tinggi (9.744Wh), memastikan penghuni akan selalu tercukupi kebutuhan listriknya di segala jenis cuaca. 

 photo IMG_3886.jpg

Bentuk nya yang kapsul bertujuan untuk lebih banyak menangkap air hujan dan mengumpulkannya di tangki air yang terletak di bawah rumah. Selain hujan, rumah ini juga mampu menangkap embun yang terbentuk di dinding luar dan mengumpulkannya di tangki yang sama. 

 photo IMG_3887.jpg

Rumah kapsul yang berukuran panjang 4,5m, lebar 2,4m, serta tinggi 2,5m ini, memiliki sebuah tempat tidur, dapur mini, kloset serta shower di kamar mandinya. Desainnya yang kompak dan minimalis membuatnya mudah dipindah-tempatkan menggunakan jalur darat ataupun udara. 

 photo IMG_3891.jpg
 photo IMG_3890.jpg
 photo IMG_3888.jpg
 photo IMG_3889.jpg
 photo IMG_3892.jpg

Credit: Cnet, Inhabitat, Ecocapsule, Nice Architects.

Post Author: Onny Apriyahanda

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply