Toyota dan Panasonic bersama-sama mengembangkan baterai ‘prismatik’ untuk mobil listrik!

Toyota dan Panasonic menjalin kerja sama untuk mengembangkan baterai yang bisa digunakan oleh Toyota sendiri dan mobil-mobil listrik lainnya di masa depan. Daripada mengembangkan baterai silinder seperti jenis yang digunakan oleh Tesla dan pabrikan mobil listrik lainnya, kedua perusahaan tersebut mengeksplorasi pengembangan sel baterai “prismatik”. Sel baterai ini berbentuk datar dengan pelindung aluminium dan sangat umum digunakan di telepon seluler. Kelebihan dari baterai ini adalah dapat dibuat lebih kecil dan lebih ringan daripada kemasan baterai yang menggunakan sel silinder, namun cenderung lebih mahal dan rentan terhadap panas dan menggembung.

Kesepakatan kerjasama itu memang masih berupa langkah awal, namun hal ini menunjukkan perlunya terjalin kerjasama antara pabrikan mobil dengan perusahaan baterai. Sebelumnya Toyota mengumumkan sebuah rencana untuk bekerja sama dengan Mazda dan Suzuki, untuk meluncurkan jajaran mobil-mobil listrik baru mulai sekitar tahun 2020. Sampai saat ini, Toyota memang diketahui telah fokus untuk membangun mobil hybrid, plug-in hybrid, serta hidrogen secara eksklusif.

Kerjasama Toyota-Panasonic untuk pengembangan Baterai Prismatik

Sedangkan Panasonic, adalah produsen baterai mobil listrik terkemuka di dunia. Perusahaan ini memasok baterai untuk Tesla Model S, 3 dan X. Mereka juga membuat baterai untuk mobil hibrida Toyota Prius, yang menurut catatan Reuters, seperti yang kami lansir dari Engadget, saat ini dan memiliki pangsa pasar 29 persen di dunia. Produsen baterai terkemuka yang lain adalah LG Chem, yang menyuplai baterai untuk dua mobil listrik terlaris, Renault Zoe dan Chevy Bolt.

Nampaknya Toyota dan Panasonic tidak perlu berurusan dengan masalah kecil seperti susunan kimia baterai untuk membuat sel prisma baterai yang lebih baik. Sebaliknya, mereka hanya harus menggunakan teknologi dan penelitian mereka untuk memperbaikinya sehingga harganya lebih murah, lebih aman dan lebih dapat diandalkan. Harapannya tentu baterai tersebut bisa membuat mobil listrik menempuh jarak lebih panjang, lebih cepat dan lebih ringan.

Saat ini, Toyota dan Panasonic masih sebatas mempelajari kelayakan pengembangan jenis baterai ini bersama-sama, namun ada peluang bagus ini akan berubah menjadi rencana konkret. Baterai adalah komponen penting untuk pengembangan teknologi mobil listrik agar semakin berkembang dan semakin baik.

Credit: Engadget

Post Author: Onny

"Science is the highest Art in the universe."

Leave a Reply